In-depth

MotoGP Inggris 2019: Panggung Rivalitas Marquez dan Rossi 'Si Raja Silverstone'

Minggu, 25 Agustus 2019 14:47 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Valentino Rossi dan Marc Marquez. Copyright: © Getty Images
Valentino Rossi dan Marc Marquez.

INDOSPORT.COM - Seri ke-12 MotoGP 2019 di Sirkuti Silverstone bakal dipanaskan oleh persaingan Marc Marquez dan Valentino Rossi yang start di dua posisi terdepan. 

MotoGP 2019 kembali akan digelar akhir pekan ini di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (25/08/19). Seri ke-12 dari balapan musim 2019 ini bakal menawarkan hal yang berbeda dengan seri sebelumnya. 

Marc Marquez yang menjadi favorit juara musim ini mampu menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi. Sebaliknya, sang rival utama, Andrea Dovizioso. justru tercecer di posisi start ketujuh. 

Padahal, pada balapan seri ke-11 di Austria, Dovizioso sanggup tampil gemilang dengan merebut podium nomor satu setelah bersaing sampai tikungan terakhir dengan Marquez. 

Walau begitu, bukan berarti Marc Marquez bisa bersantai-santai. Sebab, di sirkuit ini ia bakal dipepet oleh pembalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi. 

The Doctor sanggup meraih posisi start kedua persis di belakang Marquez. Pencapaian Rossi ini sejatinya tak mengagetkan mengingat dirinya adalah Si Raja Sirkuit Silverstone. 

Valentino Rossi tercatat adalah pembalap yang paling banyak meraih podium teratas di sirkuit ini sejak berdirinya pada tahun 1977. Pembalap Italia ini sudah delapan kali memenangkan balapan, yakni pada musim 1997, 1999, 2000, 2001, 2002, 2004, 2005, dan 2015.

Silverstone Panaskan Rivalitas Marquez-Rossi

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, tentu bukan satu-satunya rival utama rider Repsol Honda, Marc Marquez. 

Pembalap 26 tahun ini juga memiliki sejarah rivalitas dengan pembalap gaek, Valentino Rossi

Rivalitas Rossi dengan Marquez bisa ditelusuri sejak insiden di Sirkuit Sepang 2015. Saat itu, Rossi dianggap menjatuhkan Marquez di tengah-tengah balapan sehingga menerima hukuman berat di balapan berikutnya. 

Di akhir musim, kesempatan juara Rossi pun lenyap usai direbut Jorge Lorenzo. Sejak itu, hubungan Rossi dan Marquez makin memanas.

Start dari posisi kedua, Valentino Rossi optimistis naik podium di MotoGP Inggris 2019. Ini adalah posisi terbaiknya memulai balapan sejak balapan di MotoGP Amerika, bulan April lalu.

Setelah sempat melambat sebelum liburan musim panas, Rossi perlahan kembali ke performa terbaiknya sejak Brno. "Sudah sejak Jumat saya merasa baik dengan motor dan memiliki kecepatan yang cukup baik," kata Rossi seperti dikutip dari Crash Net.

Rossi menilai timnya cukup kompetitif meski ada situasi yang buruk. Pembalap 40 tahun itu memuji upaya yang dilakukan Yamaha pada motornya dan sudah melakukan beberapa penyesuaian kecil, terutama ia menjadi lebih mudah untuk mengendarai motor dari berbagai sudut.

Walau begitu, Rossi harus sadar bahwa Marquez bukanlah pembalap sembarangan. Butuh performa luar biasa untuk bisa bersaing dengan pembalap Spanyol tersebut. 

Apalagi, pabrikan Honda milik Marquez mencatatkan rekor positif di Silverstone. Honda tercatat menjadi pabrikan motor yang paling banyak memenangkan balapan di Silverstone, yakni 40 kali. 

Di samping itu, Marquez juga mengusung misi 'balas dendam' usai di seri sebelumnya gagal memenangkan balapan setelah tersalip di tikungan terakhir oleh Dovizioso. 

Pada balapan seri-12 ini, baik Marc Marquez maupun Valentino Rossi juga mesti mewaspadai ancaman pembalap lainnya seperti Alex Rins dan Fabio Quartararo. Bahkan, Dovizioso yang start di posisi ketujuh pun bisa saja menyodok ke posisi ketiga. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%