MotoGP

Aleix Espargaro Akui Motornya 'Lebih Hebat' dari Pesawat Terbang

Senin, 30 September 2019 11:55 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Aleix Espargaro dari tim Aprilia Gresini Racing. Copyright: © INDOSPORT
Aleix Espargaro dari tim Aprilia Gresini Racing.

INDOSPORT.COM - Pembalap MotoGP tim Aprilia, Aleix Espargaro mengungkapkan bahwa motornya kini 'lebih hebat' dari pesawat karena memiliki tombol yang banyak.

Tim Aprilia, baru-baru ini memakai teknologi bernama 'Holeshot Device' yang dipakai di GP Spanyol pada sirkuit Aragon. Perangkat tersebut bermanfaat untuk mencegah motor menghentak saat memulai balapan.

Dengan adanya perangkat tambahan tersebut, Espargaro kemudian mengakui bahwa motornya lebih hebat dari pesawat, meski hal itu agak rumit bagi dirinya.

"Kami memiliki tombol yang lebih banyak pesawat sekarang! Kurasa kita bisa memperbaiki cara kerja benda ini, karena itu tak mudah bagi pembalap," ucap Espargaro dikutip dari Crash.net.

Lebih lanjut, pembalap berusia 30 tahun ini mengatakan bahwa adanya perangkat tambahan dalam motornya merupakan hal yang bagus. Sebab, Espargaro sendiri sangat terbantu dengan adanya 'holeshot device' ini.

"Ini sangat bagus. Tahun lalu kami memulai bekerja dengan ini dan awalnya saya mengatakan 'alat apa ini?' Tapi lambat laun perangkat ini terus membaik dan saya bahkan tidak bisa memulai start tanpa perangkat itu," tambahnya.

Sebagai informasi, tim Aprilia sendiri bukanlah yang pertama memakai 'holeshot device' di MotoGP. Pasalnya, tim Ducati sudah memakai alat ini pada Januar lalu.

Munculnya alat ini pun kemudian memunculkan kontroversi karena dinilai bisa 'memanjakan' pembalap saat sedang start. Sementara itu, teknologi batu ini pertama kali dipelopori oleh balam Motorcross pada beberapan tahun terakhir untuk mencegah motor menganggkat saat start di sirkuit tanah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%