Formula 1

Start Terakhir di Brasil, Pembalap Spanyol Mampu Raih Podium Perdananya di Formula 1

Senin, 18 November 2019 16:42 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dan Istitene/Getty Images
Start Terakhir, Pembalap Spanyol Raih Podium Perdananya di Formula 1 (F1) Copyright: © Dan Istitene/Getty Images
Start Terakhir, Pembalap Spanyol Raih Podium Perdananya di Formula 1 (F1)

INDOSPORT.COM – Carlos Sainz Jr. mencetak sejarah dalam balapan Formula 1 (F1) seri Brasil di Autodromo Jose Carlos Pace, Senin (18/11/19) dini hari. Pembalap McLaren asal Spanyol itu meraih podium pertamanya di ajang F1 berkat finish di posisi ketiga.

Carlos Sainz sebenarnya mengakhiri balapan di posisi keempat. Namun, ia naik posisi usai Lewis Hamilton yang mengakhiri balapan di posisi ketiga mendapatkan penalti. Hamilton terlibat insiden tabrakan dengan Alexander Albon.

Capaian ini terbilang sangat mengesankan karena Sainz mengawali balapan di posisi ke-20, atau urutan buncit. Ia tak mencatatkan waktu sama sekali di sesi kualifikasi karena masalah kegagalan power unit.

Namun, saat balapan, pembalap berusia 25 tahun itu tampil menggila. Memasuki lap kedua, ia sudah naik dua posisi dengan melewati duo Williams, George Russell dan Robert Kubica. Enam lap berselang, ia sudah menempati posisi ke-15.

Pada lap ke-22, Sainz sudah menempati posisi kesepuluh di belakang rekan setimnya, Lando Norris. Eks pembalap Toro-Rosso dan Renault itu mempu menjaga konsistensinya hingga ke posisi delapan pada lap ke-55.

Setelah Safety Car pada lap ke-59, Sainz berhasil memperbaiki posisinya. Pembalap McLaren itu perlahan naik ke posisi tujuh pada lap ke-60. Insiden tabrakan duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, membuatnya naik cuma-cuma ke posisi kelima.

Keberuntungannya tak berhenti di situ. Tercecernya Albon usai bertabrakan dengan Hamilton membuat Sainz naik ke posisi keempat. Hingga balapan usai, ia mempertahankan posisi tersebut dan mendapatkan satu bonus lagi berkat penalti Hamilton.

“Hari ini spesial bagi saya. Sebagai tim, kami bisa melakukan apa yang kami bisa lakukan. Saya melancarkan serangan sejak putaran pertama. Meski banyak pembalap di depan yang kurang beruntung, saya senang semua ini bisa terjadi,” ucap Sainz dilansir dari F1.

“Terima kasih kepada seluruh anggota tim. Podium pertama saya sebagai pembalap Formula 1 sangatlah spesial. Namun, kami tentu masih harus bekerja keras untuk bisa meraih yang lebih baik lagi,” lanjut Sainz.

Selain podium pertama bagi Carlos Sainz, ini menjadi podium pertama untuk McLaren sejak balapan seri Australia 2014. Tepat 2072 hari yang lalu, podium McLaren terakhir kali diraih oleh Kevin Magnussen dan Jenson Button di tempat kedua dan ketiga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%