Formula 1

Resmi, F1 GP Bahrain dan Vietnam Ditunda Gara-gara Wabah Corona

Sabtu, 14 Maret 2020 15:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© formula1.com
Formula 1 (F1) dan pihak penyelenggara memutuskan untuk menunda seri balapan GP Bahrain dan Vietnam lantaran penyebaran wabah virus corona atau COVID-19. Copyright: © formula1.com
Formula 1 (F1) dan pihak penyelenggara memutuskan untuk menunda seri balapan GP Bahrain dan Vietnam lantaran penyebaran wabah virus corona atau COVID-19.

INDOSPORT.COM - Formula 1 (F1) dan pihak penyelenggara memutuskan untuk menunda seri balapan GP Bahrain dan GP Vietnam lantaran penyebaran wabah virus corona atau COVID-19.

Melalui laman resmi Formula 1, GP Bahrain yang semula dijadwalkan akan digelar pada 22 Maret dan GP Vietnam akan menyelenggarakan balapan perdana pada 5 April mendatang harus ditunda untuk menghindari penyebaran virus corona.

Keputusan ini diambil lantaran F1 dan FIA memprioritaskan kesehatan keselamatan para staf, pembalap, serta penonton agar terhindar dari wabah virus corona yang telah menelan ribuan korban di sejumlah negara.

"Formula 1 dan FIA memutuskan untuk menunda GP Bahrain dan Vietnam demi menjaga kesehatan dan keselamatan staf dan penonton. Kami terus bekerja sama dengan pihak penyelenggara setempar untuk memantau situasi dan untuk mencari waktu pendjawalan ulang yang tepat,” tulis pernyataan tersebut.

"Sebagai hasilnya, Formula 1 dan FIA berharap untuk memulai Kejuaraan di Eropa pada akhir Mei, tapi mengingat adanya peningkatan pada kasus COVID-19 di Eropa dalam beberapa hari terakhir, hal ini akan terus ditinjau secara berkala,” tambah pernyataan tersebut.

Sebelumnya, GP Australia yang menjadi seri balapan pembuka F1 2020 yang rencananya akan digelar pada 15 Maret ini resmi dibatalkan setelah sejumlah staf tim F1 dikabarkan positif terjangkit virus corona.

GP Bahrain dan Vietnam juga rencananya akan digelar sesuai jadwal secara tertutup tanpa kehadiran penonton. Namun ,kedua seri balapan tersebut akhirnya ditunda sebagai bentuk pencegahan lebih lanjut.