Imbas Virus Corona, Kejuaraan Balap Le Mans 24 Hours Resmi Ditunda

Jumat, 20 Maret 2020 13:17 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© lemans.org
Kejuaraan balap Le Mans 24 Hours resmi ditunda lantaran terkena imbas dari pandemi virus corona (COVID-19). Copyright: © lemans.org
Kejuaraan balap Le Mans 24 Hours resmi ditunda lantaran terkena imbas dari pandemi virus corona (COVID-19).

INDOSPORT.COM – Kejuaraan balap Le Mans 24 Hours yang sedianya berlangsung di Prancis resmi ditunda lantaran terkena imbas pandemi virus Corona (COVID-19).

Melansir dari laman Race Fans, kejuaraan Le Mans 24 Hours yang semula dijadwalkan pada 13-14 Juni 2020 mendatang, harus ditunda dan akan kembali digelar pada 19-20 September.

“Kami memutuskan menunda Le Mans 24 Hours yang semula digelar pada Juni, akan dialihkan ke bulan September. Ini adalah keputusan yang tepat di tengah situasi global saat ini,” ujar Pierre Fillon, selaku presiden Automobile Club de L'Ouest (ACO).

“Pertama dan terutama, saya mendesak semua orang untuk menghindari keramaian, dan yang paling penting saat ini adalah mencegah kian meluasnya wabah ini. Kami juga sangat berterima kasih kepada staf medis yang bekerja tanpa henti demi kita semua,” tambahnya.

Ini berarti, penundaan seri Le Mans 24 Hours juga berdampak pada jadwal World Endurace Championship (WEC) dan European Le Mans Series (ELMS).

Namun Pierre Fillon mengatakan akan segera mengumumkan kalender balapan terbaru, setelah ditundanya kejuaraan balap ketahanan yang tentunya membuat jadwal selama satu musim harus berubah.

Pandemi virus Corona memang telah membuat jadwal kejuaraan motorsport berantakan, dengan tercatat sebanyak 56 balapan telah resmi ditunda dan dibatalkan lantaran terkena imbas dari penyakit menular tersebut. 

Di Indonesia sendiri, kasus Corona COVID-19 sudah menyentuh angka 309. Pihak yang berwenang pun masih terus menguji sampel yang telah masuk untuk menentukan status pasien positif atau negatif.