Formula 1

Jadi Korban Virus Corona, F1 Resmi Tunda 2 Seri Balapan Lagi

Jumat, 20 Maret 2020 14:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dua seri balapan Formula 1 (F1) kembali harus ditunda sebagai antisipasi kian meluasnya pandemi virus corona (COVID-19) yang tengah menjadi masalah global.

Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah mengumumkan bahwa seri balapan Grand Prix (GP) Belanda yang dijadwalkan pada 3 Mei dan GP Spanyol pada 24 Mei resmi ditunda, Kamis (19/3/20).

Melansir dari laman resmi F1, keputusan tersebut dibuat setelah FIA, F1 dan pihak penyelenggara mengadakan pertemuan untuk memastikan apakah dua seri balapan tersebut aman digelar atau tidak.

“Situasi dan kondisi pandemi virus corona yang belum stabil dan mereda, maka kami memutuskan untuk menunda dua seri balapan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para staf, penonton dan juga partisipan kejuaraan ini yang menjadi prioritas utama kami,” rilis pernyataan FIA.

Sebelumnya empat seri balapan pembuka F1 yakni GP Australia, Bahrain, Vietnam dan China juga harus ditunda serta dibatalkan karena terkena imbas dari wabah virus corona.

Tak hanya itu, pihak F1 dan FIA juga memutuskan untuk memajukan jadwal jeda atau libur musim panas yang semua berlangsung pada Juli dan Agustus akan digelar pada Maret dan April, serta menambah waktu durasi dari 14 hari menjadi 21 hari.

Artinya, seri balapan perdana F1 diprediksi baru akan dimulai di GP Azerbaijan yang akan berlangsung pada 7 Juni mendatang, dengan catatan jika situasi pandemi virus corona telah mereda.