Film Ford vs Ferrari dan Balapan Unik 24 Jam Le Mans

Kamis, 23 April 2020 13:14 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© www.ausmotive.com
Le Mans 24 Hours (Toyota). Copyright: © www.ausmotive.com
Le Mans 24 Hours (Toyota).

INDOSPORT.COM - Balapan Le Mans 24 Jam merupakan salah satu balapan unik di dunia. Balapan ini juga menjadi cerita besar dari film Ford vs Ferrari. 

Pada tahun 2019 lalu, sebuah film berjudul Ford vs Ferrari tayang di bioskop. Film yang dibintangi oleh dua aktor besar Holywood, Matt Damon dan Christian Bale, tayang mulai November 2019. 

Film dengan durasi 152 menit ini menceritakan tentang ambisi Ford Motor Company untuk mengalahkan Ferrari dan memutus dominasi mereka di balapan 24 Hours of Le Mans. 

Balapan Le Mans 24 jam sendiri tentu menjadi salah satu bagian utama dari film ini. Sebelum diangkat dalam film Ford vs Ferrari, 24 Hours of Le Mans sendiri sudah menjadi salah satu balapan unik di dunia. 

Balapan 24 Hours of Le Mans merupakan bagian dari Triple Crown of Motorsport bersama Indianapolis 500 dan Monaco Grand Prix. 

Sejarah 24 Hours of Le Mans

Balapan 24 Hours of Le Mans pertama kali diadakan pada tahun 1923 dan kemudian digelar setiap tahun. Satu hal terunik dalam balapan ini adalah karena durasi balapannya. 

Jika balapan seperti Formula 1 atau MotoGP jumlah putarannya ditentukan, contohnya 54 lap di Formula 1 dan 24 lap di MotoGP, sedangkan 24 Hours of Le Mans pemenangnya adalah yang berhasil menempuh jarak terjauh dalam 24 jam. 

Peraturan unik lain dari 24 Hours of Le Mans adalah mobil harus dapat bertahan selama satu jam di lintasan tanpa mengganti olinya. Jika tak dapat bertahan selama satu jam tanpa mengganti oli, maka mobil tersebut akan didiskualifikasi. 

Selain itu, mesin mobil harus dimatikan saat sedang mengisi bahan bakar di pit stop. Hal ini dimaksudkan agar mobil yang berkompetisi punya kemampuan untuk di-starter berulang-ulang kali. 

Tradisi unik lain yang juga ada di balapan 24 Hours of Le Mans adalah penggunaan bendera Prancis saat dimulainya start. 

Ford vs Ferrari 

Dalam film Ford vs Ferrari, 24 Hours of Le Mans, menjadi arena bagi dua manufaktur mobil besar di dunia tersebut untuk bersaing. Dikisahkan bahwa Ferrari mendominasi 24 Hours of Le Mans dan Ford sedang dilanda masalah penjualan. 

Setelah gagal mengakuisisi Ferrari, Ford kemudian memutuskan untuk membuat program balapan dan mulai membangun sebuah mobil untuk digunakan di 24 Hours of Le Mans.

Vice President Ford Motor Company, Lee Iacocca (diperankan oleh Jon Bernthal) kemudian mengajak Carroll Shelby (Matt Damon), pemilik Shelby American untuk membuat mobil balap untuk Ford. 

Carroll Shelby sendiri sudah pernah memenangkan balapan 24 Hours of Le Mans pada tahun 1959. Shelby kemudian mengajak seorang temannya yang merupakan pembalap dan seorang montir, Ken Miles (Christian Bale). 

Perjuangan Shelby dan Ken Miles untuk membantu Ford mengalahkan Ferrari dalam balapan 24 Hours of Le Mans pun kemudian disajikan dan menjadi alur utama dari film Ford vs Ferrari. 

Le Mans 2020

Balapan 24 Hours of Le Mans akan kembali digelar pada tahun 2020 ini. 24 Hours of Le Mans 2020 akan menjadi perhelatan ke-88 balapan ini.

24 Hours of Le Mans sendiri biasanya digelar di awal musim panas, seperti pada tahun 2019 lalu yang digelar pada bulan Juni. Namun karena pandemi virus corona yang sedang melanda dunia, 24 Hours of Le Mans 2020 akan digelar pada 19-20 September 2020.