Formula 1

Terungkap! Alasan di Balik Hengkangnya Daniel Ricciardo ke McLaren

Selasa, 23 Juni 2020 15:05 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Baron/GettyImages
Daniel Ricciardo ungkap alasan dirinya mau pergi dari Renault menuju McLaren. Copyright: © Lars Baron/GettyImages
Daniel Ricciardo ungkap alasan dirinya mau pergi dari Renault menuju McLaren.

INDOSPORT.COM Daniel Ricciardo secara blak-blakan mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk hengkang dari Renault ke tim McLaren untuk Formula 1 (F1) musim 2021.

Ricciardo yang baru satu musim bergabung dengan Renault memutuskan untuk hengkang ke McLaren, sebagai pengganti Carloz Sainz Jr yang hijrah ke Ferrari demi menggantikan Sebastian Vettel untuk musim 2021-2022.

Alasan bergabungnya pembalap asal Australia untuk hengkang ke tim yang bermarkas di Woking itu lantaran Ricciardo merasa bahwa McLaren lebih bersaing. Apalagi, mengingat kedua tim sama-sama menggunakan power unit dari Renault, namun tim anyarnya yang lebih mampu berkembang.

“Mercedes memang memenangkan kejuaraan lagi pada musim lalu, namun McLaren adalah tim yang paling banyak menunjukkan kemajuan di antara yang lainnya. Jadi itu sangat menggembirakan dan bisa menjadi bekal di masa depan,” ujar Daniel Ricciardo, dalam Podcast F1.

Menurut pembalap berusia 30 tahun tersebut, keputusannya untuk cabut dari Renault lantaran dipicu adanya pengumuman Sebastian Vettel untuk tak memperpanjang kontraknya bersama Ferrari pada akhir musim nanti.

“Saya rasa jelas pengumuman Sebastian Vettel atau kabar bersama Ferrari tersebut seperti telah memicu segalanya. Keputusan ini membuat saya harus menentukan segalanya lebih cepat, ketimbang terlalu banyak menanti karena balapan yang tertunda hingga akhirnya merasa terlambat,” tukasnya.

McLaren akan menjadi tim kelima bagi Daniel Ricciardo di kejuaraan F1, setelah menjalani debut dengan tim HRT pada 2011, kemudian sempat membela tim Toro Rosso, Red Bull, dan Renault.

McLaren sendiri telah memutuskan untuk beralih menggunakan power unit Renault ke Mercedes, yang dinilai sebagai salah satu komponen mesin terkuat di ajang F1 pada musim depan nanti.

Para pembalap F1 sendiri akan kembali menjalani balapan pada 5 Juli mendatang di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, setelah kejuaraan sempat ditunda lantaran imbas pandemi virus corona.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%