Formula 1

Kualifikasi F1 GP Austria 2020: Bottas Rebut Pole Position

Sabtu, 4 Juli 2020 21:17 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dan Istitene/Getty Image
Valtteri Bottas dari tim Mercedes sukses meraih pole position untuk balapan perdana Formula 1 2020 di GP Austria. Copyright: © Dan Istitene/Getty Image
Valtteri Bottas dari tim Mercedes sukses meraih pole position untuk balapan perdana Formula 1 2020 di GP Austria.

INDOSPORT.COM - Valtteri Bottas dari tim Mercedes sukses meraih pole position untuk balapan perdana Formula 1 2020 di GP Austria.

Setelah sempat tertunda beberapa bulan akibat pandemi virus corona, ajang balap Formula 1 2020 memulai seri pertamanya di GP Austria, tepatnya di Sirkuit Red Bull Ring.

Sebelum balapan utama yang digelar pada Minggu (05/07/20), para pembalap lebih dulu melakoni kualifikasi untuk menentukan pole position pada Sabtu (04/07/20).

Lama tak memacu kecepatan jet darat rupanya membuat sejumlah pembalap kawakan kagok saat melakoni kualifikasi. Terbukti, nama-nama seperti Kevin Magnussen, Kimi Raikkonen, dan Antonio Giovinazi sudah tersinkir di sesi pertama kualifikasi.

Kejutan tak berhenti sampai di situ, pada sesi kedua kualifikasi, pembalap senior Ferrari, Sebastian Vettel harus tereliminasi. Ia kalah 0,165 detik dari Charles Leclerc yang masih bisa mengikuti sesi selanjutnya.

Selain Vettel, Pierre Gasly, Danill Kvyat, Esteban Ocon, dan Romain Grosjean juga ikut tersingkir di sesi kedua kualifikasi F1 GP Austria 2020.

Duo Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton menjadi dua pembalap yang saling bersaing untuk menjadi tercepat di sesi kualifikasi. Meski berada di tim yang sama, keduanya nampak tidak ingin saling mengalah satu sama lain.

Namun, pada akhirnya Hamilton terpaksa harus menyerahkan posisi terdepan saat balapan utama pada Bottas. Ya, pembalap asal Finlandia tersebut berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 02,939 detik dalam sesi ketiga kualifikasi.

Posisi kedua sendiri ditempati oleh Lewis Hamilton, sementara tempat ketiga akan diisi jagoan Red Bull Racing, Max Verstappen. Sementara itu Ferrari harus puas posisi terbaik yang bisa diraih pembalapnya ada di urutan ketujuh melalui Charles Leclerc.

Berikut urutan hasil kualifikasi Formula 1 GP Austria 2020:

1. Valtteri Bottas (Mercedes)

2. Lewis Hamilton (Mercedes)

3. Max Verstappen (Red Bull)

4. Lando Norris (McLaren)

5. Alexander Albon (Red Bull)

6. Sergio Perez (Racing Point)

7. Charles Leclerc (Ferrari)

8. Carlos Sainz (McLaren)

9. Lance Stroll (Racing Point)

10. Daniel Ricciardo (Renault)