Formula 1

Deretan Rekor Fantastis yang Terancam Pecah di F1 2020

Sabtu, 27 Juni 2020 16:21 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Formula 1.com
Berikut sederet rekor yang bisa saja pecah di gelaran Formula 1 (F1) musim 2020. Copyright: © Formula 1.com
Berikut sederet rekor yang bisa saja pecah di gelaran Formula 1 (F1) musim 2020.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan Formula 1 (F1) musim ini diprediksi akan berlangsung menarik lantaran terdapat deretan rekor fantastis yang terancam dipecahkan.

Sedianya balapan pada musim ini akan dimulai pada 15 Maret lalu, namun sempat tertunda lantaran pandemi virus corona (Covid-19) yang membuat sejumlah seri balapan harus ditunda dan bahkan dibatalkan.

Seiring berjalannya waktu, situasi dan kondisi pun semakin membaik. Kini kejuaraan F1 akan kembali bergulir dengan seri perdana akan dibuka di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 5 Juli mendatang.

Melansir dari laman resmi F1, berikut deretan rekor fantastis yang bakal terpecahkan di kejuaraan F1 musim 2020 ini:

Jumlah Gelar

Lewis Hamilton berpeluang bakal menyamai rekor milik legenda F1, Michael Schumacher, yang meraih jumlah gelar terbanyak, yakni menyabet tujuh gelar juara dunia.

Hamilton diketahui saat ini memiliki catatan enam kali juara dunia. Jika ia berhasil menjadi pemenang pada musim ini, ia bakal menyamai jumlah gelar milik Michael Schumacher.

Juara Konstruktor Secara Beruntun

Tim Mercedes diketahui telah mampu menyamai rekor milik Ferrari (1999-2004) dengan meraih juara konstruktor sebanyak enam kali secara beruntun, yakni pada 2014-2019.

Jika mereka mampu mengulang gelar tersebut pada musim ini, tim Mercedes berpeluang mencetak rekor sebagai satu-satunya tim di ajang F1 yang meraih tujuh gelar beruntun.

Juara Dunia Termuda

Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Charles Leclerc (Ferrari) juga berpeluang meraih rekor sebagai juara dunia termuda F1, jika berhasil menjegal pembalap lain untuk tak menjadi juara dunia pada tahun ini.

Max Verstappen dan Charles Leclerc menjadi pembalap termuda (22 tahun) di grid F1 saat ini dan performanya begitu fenomenal. Jika keduanya berhasil menjadi juara dunia, mereka akan melampui rekor milik Sebastian Vettel sebagai juara termuda yakni 23 tahun 134 hari pada 2010.

Raihan Poin Terbanyak

Hamilton kembali berpeluang mencetak rekor lainnya yakni dengan meraih finis poin terbanyak. Pembalap lainnya yakni Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) yang juga berpotensi mencetak rekor yang sama.

Diketahui saat ini Michael Schumacher menjadi pembalap yang memegang rekor 221 kali finis balapan dengan raihan 1566 poin. Baik Hamilton dan Raikkonen saat ini hanya memiliki selisih delapan kali balapan untuk menyamai rekor milik Schumacher pada musim ini.