In-depth

Sengit dan Penuh Kejutan, Serunya MotoGP Tanpa Marc Marquez

Senin, 24 Agustus 2020 12:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram/Motogp
Ketiadaan Marc Marquez menjadi 'berkah' tersendiri bagi penggemar MotoGP 2020 yang haus akan persiangan sengit dan kejutan demi kejutan. Copyright: © Instagram/Motogp
Ketiadaan Marc Marquez menjadi 'berkah' tersendiri bagi penggemar MotoGP 2020 yang haus akan persiangan sengit dan kejutan demi kejutan.

INDOSPORT.COM - Ketiadaan Marc Marquez menjadi 'berkah' tersendiri bagi penggemar MotoGP 2020 yang haus akan persiangan sengit dan kejutan demi kejutan. 

Kejutan demi kejutan terus terjadi di MotoGP 2020. Pada balapan utama Seri Styria, Miguel Oliveira sukses merebut podium pertama usai menjadi yang tercepat. Pembalap KTM itu berhasil mencatatkan waktu 16 menit 56.025 detik. 

Siapa sangka jika MotoGP Styria 2020 menjadi milik pembalap Portugal, Miguel Oliveira. Oliveira memang memulai balapan dari grid kedelapan, namun ia harus bersaing dengan nama-nama seperti Pol Espargaro di posisi pole position, lalu ada rider unggulan lain seperti Maverick Vinales (6), Johan Zarco (3), dan Alex Rins (7). 

Sementara Andrea Dovizioso (9) dan Fabio Quartararo (10) juga masih dijagokan meskipun meraih hasil kualifikasi kurang baik. Apalagi, Dovizoso sukses meraih podium pertama di sirkuit yang sama pekan lalu. 

Namun, itulah MotoGP musim 2020. Miguel Oliveira akhirnya berhasil merebut podium pertamanya sepanjang karier di MotoGP. Pertarungan sangat seru terjadi di tiga terdepan pada GP Styria antara Pol Espargaro, Jack Miller, dan Miguel Oliveira. 

Pada tikungan di lap terakhir, Pol Espargaro yang menguntit Jack Miller dari posisi kedua harus apes karena melebar dari lintasan. Hal itu tak disia-siakan Miguel Olveira yang menempel di posisi ketiga untuk menyalip ke posisi pertama.  

Sementara Andrea Dovizioso finis di posisi kelima. Hasil buruk diraih Fabio Quartararo yang mengakhiri balapan di posisi 13, sedangkan Vinales lebih parah lagi karena harus gagal finis. 

Kejutan ini bukanlah yang pertama kali musim ini. Pada balapan MotoGP Ceko lalu, pembalap KTM asal Afrika Selatan, Brad Binder, juga sukses merebut podium pertama sepanjang kariernya yang diikuti oleh pembalap kuda hitam Yamaha, Franco Mordibelli. 
 
Nama-nama 'asing' seperti Takaaki Nakagami dari tim LCR juga diam-diam mencuri perhatian dengan hasil kualifikasi dan balapan utama yang relatif bagus. 

Tak bisa dipungkiri, meningkatnya keseruan dan banyaknya kejutan di MotoGP 2020 tak terlepas dari absennya pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, karena cedera di awal musim. 

Sejak seri pertama di GP Spanyol, Marquez gagal finis karena kecelakaan menjelang garis akhir. Ia pun dipastikan absen sampai tiga bulan ke depan. 

Seperti diketahui, pemegang enam gelar juara dunia MotoGP itu sangat dominan. Hampir tiap balapan ia selalu menjadi nomor satu dan tentu saja naik podium. Hal ini tak memberikan tempat bagi pembalap lain untuk bersinar. 

Ketika dirinya absen, hasil tiap balapan pun tak bisa ditebak, karena pesaing terkuat Marquez, seperti Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso juga terkadang tak konsisten. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%