In-depth

Pembuktian Alex Marquez, Rookie yang 'Telat Panas' di MotoGP 2020

Selasa, 13 Oktober 2020 19:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Steve Wobser/Getty Images
Alex Marquez dari Spanyol dan Tim Repsol Honda menunjukkan trofi pada upacara podium di MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti. Copyright: © Steve Wobser/Getty Images
Alex Marquez dari Spanyol dan Tim Repsol Honda menunjukkan trofi pada upacara podium di MotoGP Prancis di Sirkuit Bugatti.

INDOSPORT.COMAlex Marquez masih terus menjadi sorotan sepanjang kejuaraan MotoGP 2020. Performanya kerap disorot bersama Repsol Honda kendati dirinya adalah juara Moto2 2019 dan adik dari sang jawara bertahan, Marc Marquez.

Alex yang tergabung dengan tim Repsol Honda merupakan rookie bersama dua rider berstatus debutan lainnya yakni Brad Binder (KTM Factory) dan Iker Lecuona (KTM Tech3) di ajang kelas premier pada musim ini.

Menjadi seorang debutan tentunya para rider muda yang baru naik kasta memiliki target untuk menjadi Rookie of The Year dan meraih podium sebanyak mungkin. Namun terkadang kenyataan tak bisa selalu berjalan sesuai dengan harapan.

Dari tiga rookie, Brad Binder lah yang konsisten menunjukan penampilan apik, dengan satu kali juara di MotoGP Ceko serta menempati peringkat 11 dengan 62 poin, unggul dua peringkat atas Valentino Rossi di klasemen sementara.

Sedangkan Alex dan Iker Lecuona masih berkutat di grid belakang. Lecuona kerap mendapatkan masalah pada motornya, atau memang masih beradaptasi dengan kejuaraan bergengsi ini, dan hal tersebut bisa dimaklumi oleh para penggemar motorsport.

Namun kondisinya berbeda dengan Alex, ia dianggap memiliki tekanan lebih besar ketimbang dua rookie lainnya yakni bergabung dengan Repsol Honda, tim impian bagi banyak pembalap dengan kuda besinya yang sulit dipahami, serta tantangan lainnya ialah mengemban nama ‘Marquez’ di pundaknya.