Formula 1

Pengobatan Tak Buat Keajaiban, Kondisi Kesehatan Michael Schumacher Makin Menakutkan?

Senin, 19 Oktober 2020 15:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Indosport/Internet
Ulang Tahun, Prestasi dan Kondisi Michael Schumacher Copyright: © Indosport/Internet
Ulang Tahun, Prestasi dan Kondisi Michael Schumacher

INDOSPORT.COM – Kondisi kesehatan legenda Formula 1, Michael Schumacher, dikabarkan tidak mengalami perkembangan setelah dokter pribadinya menyatakan pengobatan bukanlah keajaiban.

Michael Schumacher dilaporkan sebelumnyaa telah menjalani terapi sel induk untuk membantu meregenerasi  sistem sarafnya setelah kecelakaan ski yang membuatnya sempat koma pada tahun 2013 silam.

Terapi sel induk itu dilakukan oleh Profesor Philippe Menasche, seorang pelopor medis terkenal di dunia yang mengkhususkan diri dalam penelitian sel induk di rumah sakit Georges-Pompidou, di Paris.

Dokter sebelumnya telah berhasil mencangkokkan sel induk yang sehat ke jantung dengan mengganti yang rusak dengan yang sehat.

Namun, dr Menasche baru-baru mengatakan kepada awak media bahwa pengobatan ini bukanlah obat mujarab. Jadi meskipun terapi ini sudah diterapkan terhadap Schumacher, terapi ini masih perlu pengujian etis.

“Ini bukanlah pengobatan ajaib tetapi ada alasan yang cukup kuat di baliknya, jadi perlu dilakukan peengujian etis dengan sel induk,” kata dr Menasche kepada Sport Express.

“Sel-sel yang digunakan dalam pengobatan itu sempit, sangat kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi,” jelas dr Menasche.

“Ini dapat menyelamatkan sel yang rusak, yang disebabkan oleh cedera otak, karena kekokohannya membantu perlindungan jaringan.”

Meski dianggap sebagai pengobatan yang cukup mutakhir, namun sampai saat ini kondisi Michael Schumacher  kabarnya belum mengalami perkembangan yang signifikan.

Kabar terbaru yang didapat dari Elisabetta Gregoraci selaku mantan istri dari tokoh flamboyant F1, Flavio Briatore, mengatakan bahwa kondisi kesehatan Schumacher masih lemah.

Gregoraci juga menyebutkan bahwa juara dunia tujuh kali tersebut belum bisa berbicara, dan hanya berkomunikasi melalui gerakan maupun kedipan matanya.

Sekadar informasi, Schumacher sudah mengalami koma sejak kecelakaan saat bermain ski di pegunungan Alpen pada 2013 lalu. Saat itu dirinya terjatuh dan terbentur bebatuan dengan keras dan mengalami kerusakan otak parah.

Sejak kecelakaan tersebut, kehidupan keluarga Michael Schumacher menjadi tertutup. Tak banyak informasi yang diketahui oleh publik mengenai kondisi kesehatannya.  
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%