In-depth

Pilih Kasih Jalan atau Salip Joan Mir Juara MotoGP, Rins?

Selasa, 10 November 2020 16:09 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Steve Wobser/Getty Images
Joan Mir kini unggul 37 poin, lantas apakah Alex Rins masih injak gas untuk bersaing atau justru bakal memberi jalan untuk Mir juara MotoGP? Copyright: © Steve Wobser/Getty Images
Joan Mir kini unggul 37 poin, lantas apakah Alex Rins masih injak gas untuk bersaing atau justru bakal memberi jalan untuk Mir juara MotoGP?

INDOSPORT.COM - Persaingan kini melingkupi dua pembalap Suzuki di MotoGP yakni Joan Mir dan Alex Rins. Mir kini unggul 37 atas rekan setimnya itu, lantas akankah Rins masih injak gas untuk bersaing atau justru bakal memberi jalan untuk Mir?

Alex Rins menjadi satu-satunya pembalap yang mampu mengungguli pemuncak klasemen sementara MotoGP yakni Joan Mir setidaknya dalam empat balapan terakhir. 

Rins bahkan tidak berhasil mendapatkan satu poin pun setelah terjatuh di seri MotoGP Le Mans. Namun ia bangkit dan telah finis di posisi 1-2 dalam setiap balapan sejak itu lalu kini berada di posisi kedua dalam klasemen sementara MotoGP bersama Fabio Quartararo (Petronas Yamaha).

Rins dan Quartararo kini berselisih 37 poin dari Mir di puncak. Mir sukses mengunci kemenangannya di MotoGP Eropa setelah mengasapi Rins dalam selisih waktu 0,651 detik.

Namun Rins menyatakan diri belum menyerah dan masih akan bertarung dengan Mir untuk merebut gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Kesempatan masih terbuka lebar. 

Masih ada dua balapnan tersisa di Spanyol dan Portugal, serta masih ada 50 poin yang available untuk diraihnya.

"Ada selisih 37 poin untuk Joan. Saya pikir, dengan tulus berbicara, semuanya mungkin. Ayo kita coba bertarung. Saya akan berikan yang maksimal untuk mencoba mendekati poin Joan," kata Rins yang sempat cedera di awal musim ini,

"Joan menunjukkan potensi yang sangat bagus dan dia menempatkan motor pada batas dan sangat konstan. Karena alasan ini, dia unggul 37 poin. Jadi mari kita coba. Saya pikir tidak ada yang mustahil."

Rins ogah menyerah dan memberikan jalan mulus untuk Mir meraih mahkota juara, meski mereka berasal dari tim yang sama. 

Meskipun Rins dan Quartararo kini sama-sama mengoleksi 125 poin, namun Rins saat ini berada dalam performa yang jauh lebih baik daripada pembalap Prancis itu.

Karena itu, Rins bisa jadi penghalang utama yang menghentikan Mir untuk merayakan kemenangan gelar MotoGP akhir pekan ini. Namun peluang mengunci juara Mir bukan sepenuhnya bisa dipatahkan Rins.

Mir bisa saja menjadi juara jika ia berhasil finis tiga besar di balapan MotoGP Valencia pekan ini meskipun di balapan selanjutnya Rins menjadi pemenang.