In-depth

Infeksi dan Terancam Gagal Balik ke MotoGP 2021, Cobaan untuk Marc Marquez Belum Selesai

Senin, 7 Desember 2020 10:31 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Marc Marquez masih berjibaku untuk sembuh dari cedera lengan kanan yang membuatnya absen di hampir seluruh balapan MotoGP 2020. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Marc Marquez masih berjibaku untuk sembuh dari cedera lengan kanan yang membuatnya absen di hampir seluruh balapan MotoGP 2020.

INDOSPORT.COM - Marc Marquez masih berjibaku untuk sembuh dari cedera lengan kanan yang membuatnya absen di hampir seluruh balapan MotoGP 2020. Mimpi buruk bintang Honda itu kian berlanjut setelah ia dinyatakan mengalami infeksi dan teranca absen di musim baru.

Tes rumah sakit mengonfirmasi jika Marc Marquez mengalami infeksi sebelumnya dari cedera lengan kanannya. Juara MotoGP enam kali itu akan menjalani perawatan antibiotik khusus dalam beberapa minggu mendatang dan tetap dirawat di Rumah Sakit Ruber Internacional' di Madrid.

Setelah menjalani operasi ketiga di lengan kanannya pada Kamis (3 Desember), Repsol Honda telah merilis update lebih lanjut mengenai kondisi rider berjuluk Baby Alien itu. 

Marquez membutuhkan lebih banyak operasi lagi setelah tulangnya yang semula patah dalam kecelakaan saat balapan pembuka musim di Jerez pada 19 Juli, gagal sembuh, suatu kondisi medis yang digambarkan sebagai pseudarthrosis.

Pseudarthrosis dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk infeksi patah tulang.

Pembaruan terbaru dari Repsol Honda menegaskan bahwa infeksi sebelumnya memang telah ditemukan dan sekarang ia akan dirawat 'dalam beberapa minggu mendatang'.

Situasi klinis pasca operasi Marc Marquez telah dianggap memuaskan oleh tim medisnya di Rumah Sakit Ruber Internacional, di Madrid,' demikian pernyataan Repsol Honda.

Namun, selama operasi pseudarthrosis terjadi infeksi sebelumnya pada patah tulan, yang akan membuat Marquez menjalani perawatan antibiotik khusus dalam beberapa minggu mendatang.

"Marquez akan tetap di Rumah Sakit Ruber Internacional, di Madrid." bunyi pernyataan resmi dari Repsol Honda.

Marquez mengalami patah tulang pada 21 Juli lalu, tetapi operasinya gagal karena akumulasi stres yang disebabkan oleh upayanya untuk membalap beberapa hari setelah operasi. Plat baru kemudian dipasang pada 3 Agustus dan pemilik nomor 93 itu berharap ia bisa kembali di akhir musim 2020.

Bulan-bulan berlalu tanpa ada tanda-tanda Marquez akan kembali membalap hingga operasi ketiga berlangsung. Marquez dioperasi selama 8 jam dan tidak hanya mengganti plat baru, tetapi juga cangkok tulang dilakukan.

Mampukah Marquez Kembali Balapan di MotoGP 2021?

Pertanyaannya sekarang adalah apakah Marquez akan fit untuk MotoGP tahun 2021, yang akan dimulai dengan tes pramusim di Sepang pada pertengahan Februari. Lalu tes lanjutan dijadwalkan berlangsung di Qatar yang akan menjadi tempat pembuka seri MotoGP 2021.

Melakukan operasi pencangkokan tulang di bagian pinggul membuat Marquez saat ini membutuhkan waktu pemulihan paling tidak enam bulan.

Dengan balapan MotoGP pertama pada 2021 yang berlangsung pada 28 Maret, kecil kemungkinan Marquez akan mampu kembali membalapa. Seandainya operasinya dilakukan pada awal November, pemulihannya tidak akan selesai hingga Mei, saat balapan keempat musim ini.

Marquez mungkin perlu waktu lebih lama untuk kembali ke performa terbaiknya. Dia sudah tak membalap selama lebih dari setahun nantinya pada bulan Mei dan kemungkinan tubuhnya juga melemah dan perlu penyesuaian setelah operasi.