MotoGP

Hasil MotoGP Spanyol 2021: Pecundangi Yamaha, Miller dan Bagnaia Bawa Ducati Berjaya

Minggu, 2 Mei 2021 19:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© Steve Wobser/Getty Images
Berikut hasil seri balapan keempat MotoGP Spanyol 2021, di mana Jack Miller keluar sebagai juara di sirkuit Jerez, Minggu (02/05/21). Copyright: © Steve Wobser/Getty Images
Berikut hasil seri balapan keempat MotoGP Spanyol 2021, di mana Jack Miller keluar sebagai juara di sirkuit Jerez, Minggu (02/05/21).

INDOSPORT.COM – Berikut hasil seri balapan keempat MotoGP Spanyol 2021, di mana Jack Miller keluar sebagai juara di sirkuit Jerez, Minggu (02/05/21).

Jack Miller berhasil keluar sebagai juara usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 05,602 detik di MotoGP Spanyol 2021. Keunggulan Ducati Team pun dilengkapi dengan rekan setimya, Francesco Bagnaia finis di posisi kedua dengan selisih 1,912 detik.

Kemudian ada Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang menggunakan motor M1 2019 mampu menduduki podium ketiga setelah secara konsisten mempertahankan posisinya. Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar) melengkapi posisi lima besar.

Jalannya Balapan MotoGP Spanyol 2021

Balapan dimulai dengan Jack Miller memimpin di barisan paling depan, dengan Fabio Quartararo peraih pole position berada di posisi keempat di Jerez.

Akan tetapi Yamaha kembali memimpin setelah Quartararo mampu menyalip Miller dengan begitu cantik saat menikung, El Diablo pun mencoba memperpanjang jaraknya dengan gap 0,415 detik dari Miller yang juga  diapit oleh rider Yamaha lainnya Franco Morbidelli yang bertahan di posisi ketiga.

Persaingan sengit masih terus ditunjukkan di posisi terdepan dengan Miller sukses merebut posisi pertama saat lap ke-16 dan terjadi gap waktu 0,549 detik, diikuti dengan Francesco Bagnaia yang melakukan overtake terhadap Morbidelli yang merosot ke posisi empat.

Namun perubahan secara cepat terjadi dengan dua rider Ducati Team pun mulai menunjukkan tajinya, dengan Bagnaia tancap gas mengasapi Quartararo membuat dua rider tim pabrikan Italia memimpin di posisi 1-2 pada delapan lap tersisa.

Masalah ban nampaknya yang dialami membuat El Diablo terus merosot usai disalip oleh Takaaki Nakagami dan Joan Mir yang sama-sama bertarung untuk merebut posisi ketiga yang masih ditempati oleh Franco Morbidelli yang memiliki gap 1,926 detik.

Posisi Quartararo pun semakin terpuruk karena turun dari P1 menjadi P11, dengan memberikan keunggulan untuk Marc Marquez yang naik ke P9 usai start dari P14 di depan Pol Espargaro. Duo Repsol Honda masih saling kejar untuk mengincar delapan besar di empat lap tersisa.

Selisih waktu lebih dari satu detik antara tiga pembalap terdepan pun membuat Ducati Team sukses menduduki podium tertinggi setelah unggul sejak pertengahan balapan yang berlangsung dalam 25 lap.

Hasil ini membuat Ducati Team menghentikan dominasi Yamaha dalam tiga balapan terakhir, sekaligus menjadi kemenangan pertama Ducati di Jerez sejak 2006, serta finis 1-2 Ducati lewat Dovizioso dan Lorenzo di 2018 dan kemenangan pertama Jack Miller sejak di Assen pada 2016.