Formula 1

Statistik dan Fakta di F1 GP Monako 2021: Max Verstappen Bikin Rekor

Senin, 24 Mei 2021 17:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut statistik dan fakta yang tercipta di Formula 1 GP Monako 2021 yang berlangsung pada Minggu (23/5/21) malam WIB.

Max Verstappen berhasil keluar sebagai yang tercepat dalam F1 GP Monako 2021 dan meninggalkan Lewis Hamilton yang terseok di luar tiga besar, Minggu (23/5/21).

Sejatinya, pembalap tuan rumah, Charles Leclerc dari Ferrari, dijagokan akan memenang balapan setelah meraih Pole Position di sesi kualifikasi.

Namun permasalahan pada gearbox yang ia alami saat warm up lap membuat dirinya gagal membalap di edisi GP kali ini. Patah hati untuk para fans Leclerc yang berharap jika dirinya bisa mengeluarkan penampilan terbaiknya di Monte Carlo, kampung halamannya.

Balapan Formula 1 GP Monako 2021 ini pun dilanjutkan dan dimulai dengan sengit. Max Verstappen (Red Bull) ketiban durian runtuh dan memulai balapan dari posisi pertama, menggantikan Leclerc yang tidak bisa turun di balapan kali ini.

Hingga lap ke-10 Verstappen masih berhasil mengamankan posisi pertama disusul oleh Valtteri Bottas (Mercedes) di posisi kedua dan Carlos Sainz Jr. (Ferrari) di posisi ketiga.

Sementara sang juara bertahan, Lewis Hamilton (Mercedes) masih berada di posisi keenam dan belum berhasil merangsek ke urutan atas.

Bencana menghampiri Mercedes saat balapan. Sebab, mereka harus kehilangan salah satu pembalapnya, Bottas di lap ke-29 karena masalah pada ban mobilnya.

Keluarnya Bottas dari balapan membuat persaingan di tiga besar menjadi semakin sengit hingga lapn ke-37 dan berangsur berkurangnya persaingan di tiga besar memasuki lap-70.

Alhasil, Verstappen yang berada di posisi pertama mampu meraih podium pertama setelah merampungkan 78 lapn disusul oleh Carlos Sainz di posisi kedua dan Lando Norris (McLaren) di posisi ketiga.

Formula 1 2021 seri ke-5 di Monako ini pun menghadirkan beberapa statistik dan fakta menarik yang sayang dilewatkan. Berikut rangkumannya.