MotoGP

Hasil MotoGP Italia 2021: Fabio Quartararo Rajai Mugello

Minggu, 30 Mei 2021 21:28 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Hasil MotoGP Italia 2021: Fabio Quartararo Rajai Mugello Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Hasil MotoGP Italia 2021: Fabio Quartararo Rajai Mugello

INDOSPORT.COM – Berikut hasil balapan MotoGP Italia 2021 pada Minggu (30/05/21) malam WIB, pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo sukses finish terdepan dan raih podium juara.

Jelang balapan lanjutan ajang MotoGP series ke-6 musim ini, para pembalap lebih dulu mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang pembalap Moto3 berusia 19 tahun, Jason Dupasquier, yang meninggal karena cedera dalam kecelakaan babak kualifikasi hari Sabtu lalu.

Di awal-awal lap series MotoGP Italia 2021, Bagnaia sempat berhasil memimpin balapan. Namun Fabio Quartararo yang memulai lomba dari pole position, perlahan sukses ambil alih peringkat pertama.

Sementara itu, Marc Marquez dari Honda terlibat kontak dengan Brad Binder dari KTM. Imbas insiden ini pun membuat rider Petronas SRT, Franco Morbidelli turun ke belakang karena terpaksa keluar jalur untuk mengambil tindakan menghindari.

Drama berlanjut beberapa tikungan kemudian, di mana Bagnaia yang memimpin sedikit keluar jalur dan memberi Quartararo celah untuk lakukan overtaking.

Selama lap tiga dan empat, pebalap Yamaha itu menggeber motornya dan membuat jarak dengan rider dibelakangnya semakin jauh.

Di belakang Quartararo, terlihat Johan Zarco coba mempertahankan posisinya. Namun di lap 16, pembalap KTM Miguel Oliveira berhasil masuk dan ambi alih tempat kedua.

Juara dunia Joan Mir yang sebelumnya menghadapi perlawanan sengit dengan Alex Rins berhasil tempel ketat Zarco di tempat keempat. Puncaknya di lap 17, Joan Mir sukses lewati Zarco untuk mencuri posisi ketiga.

Selama lap terakhir, Joan Mir coba lakukan tekanan kepada Oliveira. Sempat alami kesulitan, namun Mir dapat celat di tikungan 5 pada lap terakhir usai Oliveira terlalu melebar saat masuki belokan.

Akan tetapi, Miguel Oliveira berhasil mempertahankan tempat kedua, lantaran Joan Mir mendapat penalti akibat lakukan pelanggaran saat overtake. Sang juara dunia tersebut harus puas di tempat ketiga.

Johan Zarco bertahan di urutan keempat, unggul 1,3 detik dari Binder, sementara satu-satunya tim pabrikan yang tersisa, Ducati dari Jack Miller, hanya berada di urutan keenam.

Kemenangan Quartararo membuatnya mengoleksi 105 poin, unggul 24 angka dari Zarco di tempat kedua klasemen sementara MotoGP 2021.