MotoGP

Update Kalender F1 dan MotoGP 2021 Usai GP Australia Resmi Batal Digelar

Selasa, 6 Juli 2021 16:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© MotoGP
Sirkuit MotoGP Phillip Island di Australia Copyright: © MotoGP
Sirkuit MotoGP Phillip Island di Australia

INDOSPORT.COM – Berikut update kalender Formula 1 (F1) dan MotoGP 2021 usai seri balapan GP Australia resmi batal digelar karena imbas pandemi Covid-19.

Kabar ini diumumkan oleh F1 dan MotoGP di akun media sosial masing-masing, Selasa (06/07/21), dengan menyatakan bahwa tahun ini tidak akan ada balapan di Australia.

F1 GP Australia sejatinya akan menjadi seri balapan ke-20 dalam kalender jet darat musim ini. Balapan yang digelar di Albert Park itu sebelumnya sempat dipindahkan dari Maret ke 21 November mendatang.

Pemindahan tersebut karena pembatasan wilayah akibat pandemi, yang membuat tim-tim F1 kesulitan untuk masuk ke Australia karena adanya kebijakan ketat oleh pemerintah setempat.

Belum diketahui apakah F1 GP Australia bakal diganti dengan seri balapan lainnya atau tidak. Namun bisa saja Abu Dhabi atau Arab Saudi bakal menggelar balapan double-header mengingat di Eropa akhir tahun sudah memasuki musim dingin.

Selain F1, pihak IRTA, FIM, Dorna Sports serta Australian Grand Prix Corporation (AGPC) Chairman, Paul Little AO juga mengumumkan resmi membatalkan seri balapan ke-18 MotoGP Australia juga batal digelar.

Pembatalan MotoGP Australia juga dikarenakan alasan yang sama, yakni pandemi Covid-19 yang masih merebak serta adanya pembatasan wilayah.

Maka pihak penyelenggara pun memutuskan untuk menggantikan MotoGP Australia yang sedianya berlangsung di Phillip Island pada 24 Oktober mendatang dengan kembali menggelar balapan di Algarve, Portugal.

Tak hanya itu, perubahan kalender pun berdampak pada seri MotoGP Malaysia yang berlangsung di Sepang akan dimajukan jadwalnya dari 31 Oktober ke 24 Oktober.