Positif Covid-19, Atlet Olimpiade 2020 Curhat Tak Diperlakukan Manusiawi

Rabu, 28 Juli 2021 20:15 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Logo Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Logo Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Kritik tajam diterima panitia Olimpiade Tokyo 2020 terkait penanganan atlet yang terpapar covid-19. Skateboarder asal Belanda, Candy Jacobs, sampai menyebut pihak panitia memberkukannya tidak manusiawi.

Apa yang dilontarkan Jacobs berasal dari pengalaman pribadinya. Saat tiba pertama kali di Tokyo, ia dinyatakan positif terjangkit virus corona. Sesuai regulasi, atlet yang kedapatan terpapar covid-19 bakal menjalani karantina terlebih dahulu tak terkecuali Jacobs.

Ia lantas diisolasi mandiri. Total Jacobs telah menjalaninya selama delapan hari yang membuatnya menelan pil pahit lantaran harus melewatkan debut pertandingan Skateboard-nya di Olimpiade Tokyo 2020.

Cobaan tak berhenti disitu, dalam pengakuannya selama karantina, Jacobs merasa diperlakukan semena-mena. Ia mengaku ditempatkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang minim.

Bahkan ia sampai meminta izin petugas kesehatan untuk medapatkan udara segar di ruangan terbuka. Curhatan atlet berusia 31 tahun itu diunggah di akun instagram pribadinya.

"Tidak memiliki udara luar sangat tidak manusiawi,” kata Jacobs di Instagram. 

"Ini sangat menguras mental, pasti lebih dari yang bisa ditangani banyak manusia."

Sejatinya permintaan Jacobs untuk menghidup udara segar tak langsung dituruti oleh pihak panitia. Saat menjalani isolasi di hari ketujuh ia dan beberapa atlet lain yang positif covid-19 tidak diizinkan untuk keluar tempat isolasi.

Namun Jabobs tidak mengindahkan perintah tersebut, perdebatan pun sempat terjadi antara dirinya dengan pihak panitia. Akhirnya Jacobs pun diizinkan untuk keluar ruangan selama 15 menit dengan pengawasan ketat dari petugas medis.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%