MotoGP

Diklaim Terbaik di Dunia, Ini Keunggulan Sirkuit Mandalika dari Sepang

Selasa, 17 Agustus 2021 15:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© bbc
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika. Copyright: © bbc
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM - Berikut keunggulan Sirkuit Mandalika, yang diklaim menjadi salah satu yang terbaik di dunia dan bahkan mengalahkan Sirkuit Sepang di Malaysia.

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah mengumumkan bahwa proses pengaspalan track lane Mandalika International Circuit sepanjang 4,31 km telah selesai, Minggu (15/7/21).

Aspal yang digunakan di sirkuit jalan raya Mandalika ini juga dianggap spesial, karena menggunakan bahan terbaik di dunia dan bahkan mengalahkan sirkuit lainnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dwianto Eko Winaryo selaku Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, yang menjelaskan keistimewaan aspal dari sirkuit kebanggan Tanah Air ini.

Melansir dari laman Antara, Dwianto Eko Winaryo mengatakan bahwa aspal yang digunakan untuk lintasan Sirkuit Mandalika menggunakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA) dan disebut merupakan yang terbaik di dunia bahkan mengalahkan Sirkuit Sepang, Malaysia.

SMA merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diperuntukkan demi memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan.

Lapisan tersebut bertujuan agar tetap kuat dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan. Karena stone by stone sehingga volume aspalnya sedikit.

"Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini. Karena produknya baru keluar 2015. Yang sudah itu baru Silverstone, Dubai, dan Philip Iland. Sepang pun belum karena dibangun 2012 pada saat itu belum ada aspal seperti ini (Mandalika),” kata Dwianto kepada Antara.

"Ini type aspal yang memiliki  daya penetrasi tinggi atau Penetration Grade (PG) 82. Dan PG 82 ini baru keluar 2014-2015, sehingga tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal ini," tambahnya.