Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Belgia 2021: Verstappen Pole, Norris Apes

Sabtu, 28 Agustus 2021 22:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© (Photo by Frank Augstein/Pool via Getty Images)
Max Verstappen raih pole position di F1 GP Belgia 2021. Copyright: © (Photo by Frank Augstein/Pool via Getty Images)
Max Verstappen raih pole position di F1 GP Belgia 2021.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil kualifikasi F1 GP Belgia yang digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu (28/08/21), di mana Max Verstappen berhasil meraih pole position.

Max Verstappen sendiri sudah sukses mencatatkan waktu tercepat di sesi latihan kedua, meski sempat mengalami kecelakaan pada menit-menit akhir.

Pembalap Red Bull Racing tersebut pun kembali tampil sebagai yang tercepat di sesi FP3 sebelum kualifikasi, dengan mencatatkan waktu 1:56,924, mengungguli rekan setimnya di urutan kedua, Sergio Perez.

Meski berbekal catatan apik saat sesi latihan, Verstappen harus merelakan posisi tercepat di kualifikasi pertama (Q1) kepada pembalap McLaren, Lando Norris.

Sementara itu, posisi tiga terbawah di Q1 dihuni oleh Mick Schumacher, Kimi Raikkonen, dan Nikita Mazepin. Selain itu, Antonio Giovinazzi dan Yuki Tsonoda harus tereliminasi untuk kualifikasi berikutnya.

Sesi Q2 pun berlangsung lumayan mendebarkan lantaran duo pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas sempat berada di lima terbawah. Akan tetapi, mereka bisa keluar dari lubang jarum dan finis di tiga teratas.

Di Q2, Lando Norris masih terus mempertahankan rekor sebagai pembalap tercepat sejauh ini di kualifikasi F1 GP Belgia 2021, sedangkan duo Ferrari harus tersingkir dari perebutan 10 besar.

Namun kejutan pun terjadi di Q3 ketika Lando Norris menghantam pagar pembatas, hingga membuat mobilnya rusak. Bendera merah pun dikibarkan dan sesi kualifikasi dihentikan untuk sementara waktu.

Setelah rehat, kualifikasi F1 GP Belgia 2021 pun dilanjutkan kembali. Verstappen tampil sebagai yang tercepat, disusul oleh pembalap Williams, George Russell, yang tampil mencengangkan di Q3.

Lewis Hamilton berada di urutan ke-3, sedangkan ando Norris pun harus puas dengan tempatnya di urutan ke-10.