Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Rusia: Norris Pole Position, Mercedes Terancam

Sabtu, 25 September 2021 20:36 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
© Charles Coates/Getty Images
Pembalap McLaren, Lando Norris. Copyright: © Charles Coates/Getty Images
Pembalap McLaren, Lando Norris.

INDOSPORT.COM - Pembalap McLaren, Lando Norris sukses meraih pole position di sesi kualifikasi F1 GP Rusia 2021, Sabtu (25/09/21) 

Setelah sempat diwarnai drama hujan lebat dan petir, akhirnya kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Sochi bisa terlaksana meski hujan tak sepenuhnya mereda. 

Lando Norris berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 41,993 detik. Hasil ini membuat ia berhak memulai balapan dari grid terdepan di sesi race, Minggu (26/09/21) besok malam. 

Jalannya Balapan 

Langit Sochi nampak mendung kembali dan sedikit hujan, dengan balapan di kondisi trek basah, para pembalap secara mengemudikannya dengan sangat hati-hati di Q1. 

Lintasan basah pun sempat membuat Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) melintir dan nyaris ditabrak oleh Charles Leclerc (Ferrari), kejadian ini membuat yellow flag dikibarkan. Para pembalap masih terus mencoba mencatatkan waktu terbaiknya agar bisa melanjutkan balapan ke Q2. 

Lewis Hamilton (Mercedes) mampu menjadi yang tercepat di Q1 dengan catatan waktu 1 menit 45,992 detik, disusul rekan setimnya Valtteri Bottas di posisi kedua. 

Sementara itu, duo Alfa Romeo yakni Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi, duo pembalap Haas yakni Mick Schumacher dan Nikita Mazepin, serta Max Verstappen (Red Bull) terdepak di Q1. 

Sementara itu, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas masih konsisten menjadi yang tercepat. Kemudian ada kejutan George Russell (Williams) lolos ke Q3. 

Sedangkan pembalap yang tereliminasi di Q2 ialah Sebastian Vettel (Aston Martin), duo AlphaTauri yakni Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda, Nicolas Latifi (Williams) dan Cherles Leclerc.