Formula 1

Kena Penalti Ganda, Verstappen Bakal Start dari Grid Belakang di F1 GP Rusia

Sabtu, 25 September 2021 14:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Lars Baron
Max Verstappen pembalap Red Bull Racing di Formula 1. Copyright: © REUTERS/Lars Baron
Max Verstappen pembalap Red Bull Racing di Formula 1.

INDOSPORT.COM – Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen bakal memulai balapan dari grid belakang di Formula 1 (F1) GP Rusia 2021, Minggu (25/09/21) karena mendapatkan penalti ganda.

Balapan di sirkuit Sochi pada akhir pekan nanti bakal dilalui oleh Verstappen penuh perjuangan, karena ia akan memulai balapan dari posisi paling belakang.

Pasalnya, pembalap asal Belanda itu mendapatkan hukuman penalti ganda. Pertama, ia mendapatkan hukuman turun tiga grid di F1 GP Rusia 2021 usai dinyatakan bersalah saat terlibat insiden dengan Lewis Hamilton (Mercedes) di GP Italia kemarin.

Kemudian Max Verstappen kembali mendapatkan hukuman karena Red Bull resmi mengonfrimasi telah mengganti beberapa komponen power unit pada jet daratnya.

Melansir dari ESPN, power unit milik Verstappen rusak saat ia mengalami kecelakaan kecepatan tinggi di GP Inggris, dan tak bisa diperbaiki. Mau tak mau, Red Bull harus memasang power unit yang baru sebelum Free Practice 2 (FP2) pada Jumat (24/09/21) kemarin.

Sekadar informasi, terdapat peraturan dalam balapan Formula 1 bahwa setiap mobil hanya mengizinkan tiga unit daya per musim sebelum menghadapi penalti.

Ini merupakan penggantian keempat yang dilakukan oleh Max Verstappen sehingga ia harus memulai balapan F1 GP Rusia 2021 dari belakang.