Kisah Perjalanan Karier Rifat Sungkar, Mampu Harumkan Nama Indonesia di Kancah Dunia

Senin, 18 Oktober 2021 06:10 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Juni Adi
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Potret saat kemenangan Rifat Sungkar di Kejurnas Sprint Rally 2019, Minggu (08/09/19). Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Potret saat kemenangan Rifat Sungkar di Kejurnas Sprint Rally 2019, Minggu (08/09/19).

INDOSPORT.COM – Pembalap Indonesia, Rifat Helmy Sungkar atau lebih dikenal Rifat Sungkar menceritakan kisah perjalanan kariernya hingga mampu harumkan nama Tanah Air di kancah dunia lewat ajang motorsport.

Nama Rifat Sungkar tentu sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia karena selain merupakan suami dari aktris ternama Sissy Priscillia, ia juga merupakan tokoh pembalap nasional.

Motorsport sudah ada dalam darahnya sejak kecil, mengingat ia dibesarkan di tengah keluarga pereli dan kini menjadi generasi keempat. Meski demikian, kariernya di ajang motorsport tak didapatkan dengan mudah begitu saja.

Hal tersebut diungkapkan oleh pria berusia 42 tahun itu melalui sebuah unggahan terbaru di kanal YouTuber-nya berjudul “CHAMPION & BEYOND” pada Minggu (17/10/21).

Dibesarkan di keluarga yang memiliki darah pembalap membuat Rifat Sungkar ingin memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin untuk bergabung di ajang balap.

“Background orang tua saya itu adalah penyelenggara olahraga bermotor Indonesia, baik roda 2 maupun roda 4. Karena saya punya akses untuk belajar maka saya mencoba ikutan, ‘Pah boleh gak daftar gratis dong, gak punya uang nih’,” kata Rifat Sungkar.

“’Oh gak masalah, itu sponsor dari papah, tapi kalau menang juga gada dapet duit’. Gak semudah dan gak seindah yang diceritain orang-orang banyak, tapi gak banyak orang tau kalau mobil itu harus bayar sendiri, orang tua saya gak support, risiko juga ditanggung sendiri,” imbuhnya.

Meski menyadari karier dalam dunia balap bakal dijalani dengan tak mudah, namun ayah dua anak itu menyesal karena bisa merasakan kerja keras yang secara perlahan membuahkan hasil.

Pasalnya, Rifat mulai menjuarai sejumlah kejuaraan nasional pada 1996 dan berlanjut pada tahun-tahun setelahnya. Ia pun mulai menggandang sejumlah sponsor salah satunya ialah Pertamina.

Rifat Sungkar pernah mencicipi lima kali juara nasional secara beruntun. Ia pun mulai menargetkan untuk menjadi juara di kompetisi internasional, dengan mulai ikut kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%