Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Qatar: Hamilton Pole, Verstappen Makin Terancam

Sabtu, 20 November 2021 22:12 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Francois Lenoir/Pool via Getty Images
Berikut hasil kualifikasi seri ke-20 Formula 1 2021, F1 GP Qatar, Sabtu (20/11/21). Lewis Hamilton jadi yang tercepat dan rebut pole position, Max Verstappen kedua. Copyright: © Francois Lenoir/Pool via Getty Images
Berikut hasil kualifikasi seri ke-20 Formula 1 2021, F1 GP Qatar, Sabtu (20/11/21). Lewis Hamilton jadi yang tercepat dan rebut pole position, Max Verstappen kedua.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil kualifikasi seri ke-20 Formula 1 2021, F1 GP Qatar, Sabtu (20/11/21). Lewis Hamilton jadi yang tercepat dan rebut pole position, Max Verstappen kedua.

Gelaran Formula 1 2021 kini memasuki seri kedua puluh, yakni F1 GP Qatar. Balapan yang digelar di Sirkuit Losail ini juga akan menjadi debut F1 bagi sirkuit yang lebih kerap menggelar balapan MotoGP tersebut.

Seri kedua puluh ini masih diwarnai persaingan ketat antara Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Max Verstappen masih memuncaki klasemen, tapi keunggulannya menipis menjadi hanya 14 poin setelah Hamilton menjuarai F1 GP Brasil akhir pekan lalu.

Dengan hanya sisa 3 seri termasuk di Qatar, persaingan perebutan gelar juara pun masih terbuka lebar.

Max Verstappen sendiri sempat memuncaki FP1 di F1 GP Qatar, tapi melorot ke posisi ketiga di FP2 dan FP3. Sementara itu, Hamilton berada di posisi 4 pada FP1 dan FP2, lalu membaik menjadi posisi kedua di FP3.

Di sesi kualifikasi pertama, Hamilton yang menunjukkan tren membaik akhirnya berhasil jadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 21,901 detik. Sementara itu, Verstappen di posisi kedua diikuti Valtteri Bottas.

Lima pembalap tersingkir di Q1 ini yakni Kimi Raikkonen, Nicholas Latifi, Antonio Giovinazzi, dan duet Haas yakni Mick Schumacher dan Nikita Mazepin.

Lewis Hamilton kembali mempertahankan dominasi dengan lagi-lagi yang tercepat di Q2. Sementara itu, Verstappen melorot ke posisi 4, kalah dari Pierre Gasly dan Fernando Alonso.

Kejutan terjadi ketika rekan setim Verstappen di Red Bull, Sergio Perez, hanya bisa berada di posisi 11 sehingga gagal lolos ke Q3 bersama Lance Stroll, Charles Lecrec, Daniel Ricciardo, dan George Russell.