MotoGP

MotoGP 2022 Kian Dekat, Akses Sarana dan Prasana ke Mandalika Terus Dibenahi

Rabu, 29 Desember 2021 01:32 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Juni Adi
© ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Copyright: © ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

INDOSPORT.COM – Makin dekatnya gelaran MotoGP 2022 membuat pihak pemerintah dan penyelenggara terus membenahi akses sarana dan prasana menuju Kawasan Sirkuit Mandalika.

Sebagaimana diketahui bahwa Sirkuit Mandalika bakal jadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor MotoGP yang akan digelar pada Maret 2022.

Untuk menyukseskan kejuaraan bergengsi ini, pemerintah dan sejumlah pihak terus mempersiapkan dan membenahi sejumlah hal. Salah satunya ialah akses sarana dan prasarana menuju sirkuit Mandalika.

Hal ini juga disampaikan oleh Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto selaku Komandan Lapangan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

"Sarana dan prasarana juga terus kita benahi di antaranya adalah membuka lima pintu masuk menuju Mandalika," ujar Hadi Tjahjanto, dilansir dari Antara.

Lima pintu masuk tersebut yakni Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, dan Bandara Internasional Lombok.

Ia turut menjelaskan bahwa pembenahan sarana dan prasarana di empat pelabuhan dan bandara dilakukan agar para penonton MotoGP yang berasal dari luar NTB bisa merasakan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan.

Mantan Panglima TNI itu juga memastikan bahwa area kedatangan internasional juga telah bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 dan 747.

"International bisa didarati pesawat berbadan lebar di Bandara Internasional Lombok, (Boeing) 777 maupun 747, sehingga untuk dukungan logistik juga tidak ada masalah karena enam pesawat bisa parkir di apron yang sudah disiapkan oleh bandara," tambahnya.

Selanjutnya, dari kelima pintu tersebut akan disiapkan shuttle bus menuju Mandalika. Selain sarana dan prasarana di lima pintu masuk, pembenahan juga dilakukan di area sirkuit Mandalika, seperti paddock, pit building, dan lintasan sirkuit.