MotoGP

Sambut MotoGP Mandalika, Pemerintah Pusat Gelontorkan Nyaris Rp600 M

Selasa, 25 Januari 2022 17:25 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© ITDC/MGPA
Pemerintah pusat dikabarkan nyaris menggelontorkan biaya senilai Rp600 miliar untuk menyambut MotoGP di Sirkuit Mandalika. Copyright: © ITDC/MGPA
Pemerintah pusat dikabarkan nyaris menggelontorkan biaya senilai Rp600 miliar untuk menyambut MotoGP di Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM – Pemerintah pusat dikabarkan nyaris menggelontorkan biaya senilai Rp600 miliar untuk menyambut MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Indonesia resmi akan menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor MotoGP, yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 nanti.

Demi menjadi tuan rumah yang bisa membuat para pembalap, ofisial maupun penggemar merasa takjub dengan Indonesia, pemerintah pun terus menggenjot persiapan kejuaraan kelas premier tersebut.

Salah satunya ialah rela merogoh dana fantastis untuk menyambut MotoGP Mandalika. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ridwan Syah selaku Kepala Dinas PUPR Nusa Tenggara Barat.

Ridwan Syah mengungkapkan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR telah mengalokasikan anggaran Rp576 miliar lebih untuk penataan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dalam rangka persiapan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Sesuai arahan Presiden saat mengecek persiapan MotoGP, tidak boleh macet, tidak boleh kumuh dan tidak ada genangan, maka Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp576 miliar untuk menata kawasan Mandalika," kata Ridwan, dilansir dari Antara.

Anggaran itu disebutkan akan digunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung Mandalika, di antaranya saluran pengendali banjir KEK Mandalika tahap II sepanjang 7,6 km dengan nilai mencapai Rp120 miliar.

Lalu untuk pembangunan Jalan Bypass BIL-Mandalika tahap II sepanjang 17,36 km senilai Rp204 miliar lebih. Kemudian pelebaran jalan Kuta-Keruak sepanjang 5,3 km senilai Rp136 miliar lebih sehingga untuk dua ruas jalan itu total anggaran mencapai Rp362 miliar lebih.

Selain untuk penataan koridor kawasan Mandalika, alokasi anggaran itu juga diperuntukkan penataan rumah-rumah warga yang nilainya mencapai Rp94 miliar lebih.

"Khusus untuk Jalan Bypas BIL-Mandalika tahap II ini akan menjadi contoh nasional karena menjadi jalan bebas hambatan, sehingga jalan masuk yang ada sekarang nantinya ditutup sehingga tidak ada akses langsung," kata Ridwan soal persiapan MotoGP Mandalika.