Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Kanada 2022: Verstappen Pole, Alonso dan Mick Schumacher Buat Kejutan

Minggu, 19 Juni 2022 05:54 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS-Jim Watson
Hasil kualifikasi F1 GP Kanada pada Minggu (19/06/22) dini hari WIB, Max Verstappen raih pole position, kejutan dilakukan pembalap Alonso dan Schumacher. Copyright: © REUTERS-Jim Watson
Hasil kualifikasi F1 GP Kanada pada Minggu (19/06/22) dini hari WIB, Max Verstappen raih pole position, kejutan dilakukan pembalap Alonso dan Schumacher.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil kualifikasi Formula One (F1) GP Kanada pada Minggu (19/06/22) dini hari WIB, Max Verstappen raih pole position, sementara kejutan dilakukan pembalap Fernando Alonso dan Mick Schumacher.

Dalam sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen sudah langsung unjuk gigi dengan menempati posisi terdepan di Q3 lewat catatan waktu 1 menit 22,701 detik.

Catatan waktu tersebut berhasil dipertahankan Max Verstappen hingga masa Q3 akan berakhir dalam dua menit.

Pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz sempat jadi pesaing terdekat Max Verstappen untuk raih pole pole position dengan gap hanya 0,231 detik.

Berbeda dengan Carlos Sainz, rekan setimnya di Scuderia Ferrari yakni Charles Leclerc harus puas memulai balapan di posisi 15 lantaran gagal menembus catatan waktu Q2.

Selain Charles Leclerc, beberapa pembalap kawakan seperti Valtteri Bottas, Alex Albon, Sergio Perez, Lando Norris hingga Sebastian Vettel gagal menembus catatan waktu di Q2, yang artinya harus start balapan di luar posisi 10 besar.

Kejutan terjadi saat pembalap senior, Fernando Alonso bersama BWT Alpine F1 Team berhasil menembus Q3 dan menempel ketat perolehan waktu Verstappen dengan gap 0,396 detik di peringkat ketiga GP Kanada.

Bahkan pada Q2, pembalap asal Spanyol itu sempat menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 30,910 atau unggul beberapa detik dari Verstappen.

Mendapat tekanan dari Carlos Sainz dan Fernando Alonso di Q3, jelang berakhirnya masa kualifikasi Max Verstappen berhasil memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 21,299 detik yang sekaligus memastikan diri raih pole position.

Di detik-detik terakhir, Fernando Alonso berhasil menggeser catatan waktu Carlos Sainz dan membuatnya raih posisi kedua di kualifikasi F1 GP Kanada 2022.

Sementara posisi ketiga diraih Carlos Sainz dan diikuti oleh Lewis Hamilton dari tim Mercedes AMG Petronas Formula One.