Susul NTB, Sumatera Selatan Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Kejuaraan MXGP 2023

Senin, 7 November 2022 13:46 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Selain Nusa Tenggara Barat (NTB), Provinsi Sumatera Selatan dipercaya menjadi tuan rumah salah satu seri kejuaraan dunia Motorcross Grand Prix (MXGP) 2023. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Selain Nusa Tenggara Barat (NTB), Provinsi Sumatera Selatan dipercaya menjadi tuan rumah salah satu seri kejuaraan dunia Motorcross Grand Prix (MXGP) 2023.

INDOSPORT.COM – Selain Nusa Tenggara Barat (NTB), Provinsi Sumatera Selatan kembali dipercaya menjadi tuan rumah salah satu seri kejuaraan dunia Motorcross Grand Prix (MXGP) 2023.

Sebagaimana diketahui sebelumnya MXGP telah merilis kalender sementara kejuaraan dunia motorcross untuk tahun 2023 yang berisikan 20 seri balapan.

Indonesia sendiri dipercaya bakal kembali menggelar dua balapan sekaligus, salah satunya digelar di Samota Rocket Motor Circuit, di Sumbawa, NTB.

Rencananya Sirkuit Samota yang berada di Sumbawa bakal menjadi tuan rumah dan menempati seri ke-10 pada 25 Juni 2023 di dan Lombok juga ditunjuk sebagai tuan rumah pada 2 Juli tahun depan. Namun lokasinya belum ditentukan.

Namun belum lama ini Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Selatan akan kembali menjadi tuan rumah MXGP 2023.

Melansir dari Antara, IMI menilai memilih Provinsi Sumatera Selatan karena dinilai sukses saat menggelar ajang serupa pada 2019.

"Sumsel ini sudah teruji dan terpercaya mampu menjadi penyelenggara ajang olahraga internasional. Untuk itu, kami menilai Sumsel layak dipilih kembali," kata Bambang Soesatyo.

Bambang yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI mengatakan tak mengira penggemar otomotif di Sumsel terbilang luar biasa.

Maka dalam waktu dekat, Sumsel berencana membangun sirkuit skala internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City dengan luas area mencapai 100 hektare.

PP IMI berharap sirkuit itu segera dibangun sehingga Indonesia semakin dipandang di dunia internasional di bidang olahraga otomotif, termasuk MXGP 2023.