MotoGP

Hasil MotoGP Belanda 2023: Diwarnai Hujan Crash para Unggulan, Pecco Bagnaia Jawara

Minggu, 25 Juni 2023 20:13 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team merayakan kemenangannya setelah memenangkan balapan MotoGP di Circuit Assen, Belanda, Minggu (25/06/23). (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw) Copyright: © REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team merayakan kemenangannya setelah memenangkan balapan MotoGP di Circuit Assen, Belanda, Minggu (25/06/23). (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

INDOSPORT.COM - Sesi balapan utama MotoGP Belanda 2023 digelar pada Minggu (25/06/23). Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang.

MotoGP 2023 menggelar seri kedelapan pada akhir pekan ini di Sirkuit Assen, Belanda. Rangkaian MotoGP Belanda 2023 dipuncaki dengan sesi balapan utama pada Minggu (25/06/23) malam WIB.

Pada balapan yang digelar dengan menuntaskan 26 lap ini, pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, finis terdepan.

Pecco, sapaannya, menjadi yang tercepat melintasi garis finis. Ia disusul oleh Marco Bezzecchi (Mooney VR46) dan Aleix Espargaro (Aprilia).

Kemenangan ini kian menegaskan status Bagnaia sebagai pemuncak klasemen sementara MotoGP 2023. Tak hanya itu, Bagnaia juga berhasil mengulangi prestasinya musim lalu, saat dirinya juga menjuarai MotoGP Belanda.

Balapan MotoGP Belanda 2023 ini juga ditandai hujan crash. Tak kurang dari delapan pembalap mesti mengakhiri balapan secara prematur, termasuk nama-nama besar seperti Fabio Quartararo, Johann Zarco, dan Maverick Vinales.

Pembalap KTM, Brad Binder, langsung membuat gebrakan di tikungan pertama dengan menyabet posisi pimpinan balapan, disusul Francesco Bagnaia dan Marco Bezzecchi.

Balapan baru memasuki lap keempat, tetapi empat pembalap sudah harus tersingkir. Jack Miller, Johann Zarco, Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales tak dapat melanjutkan balapan karena mengalami crash.

Di barisan depan, Bagnaia, Binder, dan Bezzecchi memisahkan diri dari kelompok dengan membentuk grup anyar. Ketiganya memimpin balapan sejak awal balapan hingga menjelang akhir.

Sepuluh lap jelang bubar, Bezzecchi berhasil menyalip Binder dan merebut posisi kedua. Sementara Bagnaia nyaman memimpin dengan selisih waktu lebih dari satu detik.

Juara dunia MotoGP 2022 ini pun finis terdepan dengan meyakinkan, sekaligus mengoleksi kemenangan keempatnya musim ini.