In-depth

Profil Miguel Oliveira, Juara Bertahan MotoGP Mandalika yang Juga Dokter Gigi Beristri Adik Sendiri

Sabtu, 14 Oktober 2023 08:01 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Willy Kurniawan
Jelang MotoGP Mandalika 2023 yang akan digelar pada Sabtu (15/10/23) mendatang, nama Miguel Oliveira patut mendapat sorotan lebih. Foto: Reuters/Willy Kurniawan Copyright: © Reuters/Willy Kurniawan
Jelang MotoGP Mandalika 2023 yang akan digelar pada Sabtu (15/10/23) mendatang, nama Miguel Oliveira patut mendapat sorotan lebih. Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Jelang MotoGP Mandalika 2023 yang akan digelar pada Sabtu (15/10/23) mendatang, nama Miguel Oliveira patut mendapat sorotan lebih.

Ya, rider 28 tahun dari tim Aprilia tersebut adalah juara bertahan seri ini setelah menempati podium pertama pada edisi 2022 silam.

Meski mungkin tidak akan kembali difavoritkan untuk kembali menjadi yang tercepat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, esok hari mengingat dominasi Francesco Bagnaia dan Jorge Martin namun tetap saja sosok Oliveira layak terus dipantau.

Berikut profil singkat Miguel Oliveira yang ternyata tidak cuma lihai dalam mengendari kuda besi saja namun juga seorang mahasiswa kedokteran gigi tersebut.

Miguel Angelo Falcao de Oliveira lahir di Almada, Portugal, pada 4 Januari 1995. Almada sendiri adalah salah satu kota yang masih masuk wilayah metropolitan Lisbon sebagai ibu kota negara dengan hanya dipisahkan perjalan via kapal ferry berjarak 12 kilometer.

Oliveira sejak kecil sudah menyukai dunia balap motor dan mulai menunggangi kuda besi pertamanya semenjak usia empat tahun.

Semua berkat dukungan sang ayah yang juga seorang pembalap motor. Oliveira senior bahkan mendaftarkan putranya sedini mungkin untuk ikut ajang balapan.

Salah satu adu pacu pertama yang Oliveira ikuti adalah kejuaraan nasional Portugal saat umurnya baru beranjak sembilan tahun.

Namun gelar perdananya baru datang di 2005 dalam ajang MiniGP Portugal dan Metrakit World Festival Spanyol. Semenjak itu bakatnya untuk menjadi pembalap pun semakin ia asah sehingga akhirnya menembus kelas MotoGP pada 2019.

Kendati demikian bukan berarti pendidikan formal kemudian Oliveira tinggalkan. Ia tetap tekun belajar di bangku sekolah dan bahkan sampai saat ini masih terdaftar sebagai murid perguruan tinggi dengan jurusan yang bukan main-main, kedokteran gigi.