Komunitas Sehat

Menelisik Manfaat Kalistenik, Olahraga Anti Ribet Andalkan Berat Tubuh

Kamis, 17 November 2022 20:40 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© AKSI Community
Kalistenik merupakan suatu jenis olahraga yang hanya mengandalkan berat badan tubuh dan terbilang praktis lantaran bisa dilakukan di mana saja. (Foto: AKSI) Copyright: © AKSI Community
Kalistenik merupakan suatu jenis olahraga yang hanya mengandalkan berat badan tubuh dan terbilang praktis lantaran bisa dilakukan di mana saja. (Foto: AKSI)

INDOSPORT.COM – Bagi sebagian orang terutama para pencinta olahraga, Kalistenik mungkin sudah tidak asing didengar.

Peminat dari kalistenik ini juga rupanya sudah semakin ramai terlebih olahraga ini anti ribet lantaran hanya mengandalkan berat tubuh.

Di Indonesia sendiri, sudah terbentuk sejumlah komunitas kalistenik dari berbagai wilayah yang dinaungi oleh AKSI (Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia).

Meski terlihat simple lantaran tak membutuhkan banyak alat dan bisa dilakukan di mana saja, olahraga kalistenik ini rupanya memiliki segudang manfaat.

Ketua Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia (AKSI), Teuku Aufra Maretto, membocorkan sederet manfaat yang bisa didapatkan berkat olahraga ini.

“Manfaatnya banyak banget. Tergantung tujuannya apa yang mau kita capai,” ujar Aufra kepada INDOSPORT, Rabu (16/11/22).

Aufra sendiri sudah serius mendalami metode olahraga kalistenik sejak tahun 2014 silam.

Alasan pria yang berprofesi sebagai pelatih kebugaran itu mengaku tertarik dengan kalistenik lantaran olahraga ini memiliki gerakan-gerakan unik.

Menyoal gerakan kalistenik, ada beberapa teknik dasar yang harus dipelajari untuk para pegiat kalistenik pemula.

Beberapa gerakan dasar untuk pemula tersebut diantaranya plank, push up, bodyweight row, pull up, dan squats. Deretan gerakan tersebut dikatakan Aufra jika dilakoni secara rutin dan progresif nantinya bakal membawa perubahan bagi tubuh.