Tanpa Perlawanan, Serena Williams Melaju ke Final AS Terbuka 2019

Jumat, 6 September 2019 10:30 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Serena Williams melaju ke final AS Terbuka 2019. Copyright: © Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Serena Williams melaju ke final AS Terbuka 2019.

INDOSPORT.COM – Serena Williams melaju ke final AS Terbuka 2019 usai mengandaskan Elina Svitolina (Ukraina) di partai semifinal, Jumat (6/9/19), di Flushing Meadows, New York. Petenis Amerika Serikat itu merebut dua set langsung, 6-3, 6-1.

Dengan mengantongi status sebagai petenis wanita 10 besar dunia, keduanya menyajikan pertandingan yang ketat sejak awal. Dua game pertama berlangsung selama 16 menit meski keduanya berhasil direbut oleh Serena.

Svitolina sendiri sempat merebut tiga game pada game pertama. Namun, Serena yang tampil ganas berhasil menutup set pertama dengan 6-3. Dominasi adik Venus Williams itu berlanjut pada set kedua dengan hanya kehilangan satu game.

Serena mencatatkan statistik yang cukup memukau. Petenis berusia 37 tahun itu mencatatkan 33 winners, 20 unforced errors, dan enam ace. Ini berbanding terbalik dengan Svitolina yang hanya mencatatkan 11 winners dan 17 unforced errors.

Kemenangan ini membuat Serena berpeluang merengkuh Grand Slam ke-24. Lolosnya ke babak final pun mengulangi capaian tahun 2018 lalu. Ia masuk final meski akhirnya kalah dari Naomi Osaka (Jepang) di partai puncak yang berlangsung kontroversial.

Sedangkan, bagi Svitolina, semifinal pertamanya di AS Terbuka ini tak berakhir manis. Pasalnya, sejak babak pertama, ia tak kehilangan satu set pun. Namun, ia sendiri mengakui tidak bisa memanfaatkan beberapa peluang dengan baik.

Serena Williams akan berhadapan dengan Bianca Andreescu (Kanada) di babak final. Petenis berusia 19 tahun ini menang dua set langsung atas Belinda Bencic (Swiss) dan bakal menjalani partai final Grand Slam pertama kali sepanjang kariernya.