Francis Roig: Nadal, Federer, dan Djokovic Memang Terlahir Genius

Rabu, 25 September 2019 20:45 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© theweek.co.uk
Novak Djokovic vs Rafael Nadal vs Roger Federer Copyright: © theweek.co.uk
Novak Djokovic vs Rafael Nadal vs Roger Federer

INDOSPORT.COM - Pelatih Rafael Nadal, Francis Roig mengakui para petenis top dunia seperti Nadal, Roger Federer, dan Novak Djokovic memang ditakdirkan sebagai petenis genius. Menurutnya, akan sulit untuk membentuk petenis muda menjadi persis seperti mereka.

Francis Roig yang berbagi jam asuh Nadal dengan Carlos Mayo, memanfaatkan waktu luangnya dengan melatih para petenis muda di kota kelahirannya, yakni Barcelona.

Pelatih yang sekaligus mantan petenis Spanyol itu menganggap suatu kemustahilan untuk menciptakan sosok Rafael Nadal yang ‘baru’ dengan kegeniusan yang dia miliki.

“Itu sangat sulit, Anda tidak dapat membuatnya. Nadal adalah seorang genius yang terlahir seperti Novak dan Roger. Anda tidak dapat membentuk petenis seperti mereka. Itulah yang membuat mereka istimewa,” kata Roig dalam sesi wawancara yang dikutip Tennis World USA.

Namun Roig melihat sosok Daniil Medvedev memiliki peluang untuk mengikuti jejak Nadal dengan memenangkan Grand Slam berikutnya, meskipun masih terlihat sulit.

“Dia (Medvedev) adalah pemain paling kompetitif selama musim panas Amerika tetapi dia harus tetap menunjukkan konsistensi dan ambisi. Kita akan melihat apakah dia termotivasi untuk memenangkan Grand Slam atau tidak,” terangnya.

“Dia memiliki kualitas tetapi dia harus ada peningkatan (permainanan). Tingkat kepercayaannya sekarang sangat tinggi dan itulah sebabnya dia masih menang. Tetapi jika dia tidak meningkat secara konsisten, dia akan kesusahan,” jelas Roig menambahkan.

Tak ketinggalan, Roig pun mengomentari petenis muda kelahiran Australia, Nick Kyrgios yang menjadi berita utama setelah mengkritik Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic pada awal tahun ini.

"Dia (Kyrgios) melangkah terlalu jauh. Dia harus lebih hormat. Dia berbicara dengan cara yang buruk tentang petenis yang tidak pernah mengatakan hal yang salah tentang dirinya. Itu tidak masuk akal," pungkas Roig.

Sehubungan dengan Rafael Nadal yang saat ini berurusan dengan cedera di pergelangan tangan kirinya, Roig menolak untuk berbicara mengenai sisa jadwal petenis Spanyol itu untuk musim ini. 

Penulis: Karina Kusuma Wijaya

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%