Setelah Australia, Petenis Muda Indonesia Borong 2 Gelar Juara di Malaysia

Selasa, 1 Oktober 2019 09:09 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Petenis putri muda Indonesia, Janice Tjen, menyabet gelar juara tunggal dan ganda sekaligus di turnamen J3 Sarawak, Malaysia, Minggu (29/9/19). Dalam final nomor tunggal, ia mengalahkan Madeleine Jessup (Amerika Serikat) dengan skor 6-3, 3-6, 6-1.

Sehari sebelumnya (28/9/19), ia terlebih dahulu merengkuh gelar ganda putri. Janice, yang berpasangan dengan Wang Chao-Yi (China Taipei), berhasil mengatasi perlawanan Leung Chui Kei (Hong Kong)/Pawinee Ruamrak (Thailand) dengan skor 6-2, 3-6, 10-7.

Janice menjalani pertandingan yang cukup padat karena turun di dua nomor. Namun, ia tetap mampu tampil impresif. Dalam total lima pertandingan nomor tunggal, ia hanya dua kali bermain rubber set. Hal tersebut terjadi di babak 16 besar dan partai puncak.

Sedangkan, di nomor ganda, ia hanya sekali bermain tiga set. Itu pun hanya terjadi di babak final. Dalam babak 16 besar hingga semifinal, ia dan Wang Chao-Yi sukses melibas seluruh lawannya dengan cukup mudah.

Prestasi ini menjadi peningkatan bagi Janice. Dalam turnamen sebelumnya di J5 Adelaide, Australia, (16-20/9/19), ia juga mencapai final di nomor tunggal dan ganda. Namun, ia tak menyapu bersih gelar karena harus takluk di final ganda putri.

Dua gelar di Sarawak tentu sangat bermakna bagi Janice Tjen. Capaian ini berpeluang mendekatkan petenis kelahiran 2002 tersebut ke 100 besar ITF. Dalam rilisan peringkat pekan lalu (23/9/19), ia sudah berada di ranking 136 ITF.