Meski Tak Main di Shanghai Masters, Nadal Bisa Lengserkan Posisi Djokovic di Puncak

Senin, 14 Oktober 2019 18:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Rafael Nadal bisa melengserkan Novak Djokovic di ranking dunia meski tidak bermain di Shanghai Masters. Copyright: © Getty Images
Rafael Nadal bisa melengserkan Novak Djokovic di ranking dunia meski tidak bermain di Shanghai Masters.

INDOSPORT.COM – Rafael Nadal berpeluang besar menggeser posisi rivalnya, Novak Djokovic, sebagai petenis peringkat 1 dunia meski absen pada gelaran Shanghai Masters.

Seperti diketahui, Rafael Nadal yang cedera tidak ikut ambil bagian pada ajang ATP Tour Masters 1000, Shanghai Masters, yang baru saja menelurkan pemenang baru, Daniil Medvedev, pada final Minggu (13/10/19) kemarin.

Dilansir laman berita olahraga Sport Metro, absennya Nadal dari turnamen tersebut rupanya tetap membawa berkah untuknya, baik di ranking dunia maupun ranking Race to London (ATP Finals). 

Rafael Nadal saat ini menduduki peringkat kedua ranking dunia dengan perolehan 9.225 poin, selisih 320 poin di belakang Novak Djokovic, yang dikalahkan Stefanos Tsitsipas di perempatfinal Shanghai Masters.

Pada turnamen tenis selanjutnya di Paris Masters, Djokovic akan lengser dari posisinya dan menjadi peringkat 2 per 4 November 2019, ketika turnamen tersebut berakhir. Pasalnya, Djokovic tidak akan bermain di dua turnamen di Vienna dan Basel.

Sementara itu, Nadal juga menjadi petenis unggulan pertama di daftar peringkat ATP Race to London (ATP Finals), dengan hanya dua pertandingan tersisa musim ini. Petenis asal Spanyol tersebut saat ini mengantongi 9.225 poin, unggul 1.280 poin dari Djokovic di tempat kedua.

Pemenang Grand Slam 19 kali itu diharapkan bisa kembali tepat waktu alias bisa tampil di ajang Paris Masters, demi bisa mengukuhkan posisinya tersebut.

Saat ini, Rafael Nadal tengah menjalani pemulihan intensif akibat peradangan pada pergelangan kanan kirinya yang sempat mengalami cedera.

Sementara juara Shanghai Masters, Daniil Medvedev, secara mengejutkan merangsek ke peringkat tiga ATP Race to London. Kemenangan Medveded 6-4, 6-1 atas Alexander Zverev di Shanghai mampu melampaui ranking Roger Federer.

Meski demikian, di ranking dunia ATP, Medvedev masih tertinggal 1.200 poin dari petenis asal Swiss tersebut, yang saat ini masih kokoh di posisi ketiga dengan 6.950 poin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%