Diikuti 80 Klub Bulutangkis dari Seluruh Indonesia, Daihatsu Astec Open 2020 Medan Resmi Bergulir

Rabu, 26 Februari 2020 16:49 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Lanjar Wiratri
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Turnamen bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Medan hari pertama, Selasa (25/2/2020). Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Turnamen bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Medan hari pertama, Selasa (25/2/2020).

INDOSPORT.COM - Kejuaraan bulutangkis bertajuk Daihatsu Astec Open (DAO) 2020 di Medan, akhirnya resmi bergulir. Even ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, Selasa (25/2/20).

Turnamen yang masuk dalam kalender resmi PBSI dengan kategori Sirkuit Nasional (Sirnas) tipe B ini digelar 25-29 Februari 2020 di GOR PBSI Sumut, Jalan William Iskandar, Medan.

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, dalam kesempatan itu mengatakan, Pemprov Sumut sangat mengapresiasi digelarnya turnamen ini. Ia berharap dari event dapat melahirkan bibit yang bisa memperkuat tim Sumut untuk PON 2024 mendatang.

"Kita berharap anak-anak ini bisa menguji teknik atau ilmu apa aja yang mereka dapat selama di klub dapat di terapkan. Terus mentalnya ini yang paling penting. Kita kalaupun jago tapi mentalnya sudah down duluan, itu tak akan bisa berhasil," ucap Baharuddin.

"Hilangkan sitgma buruk yang sudah down duluan sebelum bertanding lawan dari klub-klub Jawa dan harus kita rubah. Saya yakin dan percaya dengan waktu empat tahun ini kita bisa lebih baik lagi dari segi prestasi di PON 2024 nanti," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua KONI Sumut, Prof. Agung Sunarno, yang turut hadir dalam kesempatan itu. Ia menyebut khusus untuk kategori U-17 sangat berpeluang besar untuk dalam program jangka panjang tim Sumut untuk PON 2024 saat Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah.

"Yang pastinya kita terima kasih kepada PBSI adakan even seperti ini, karena ini awal yang baik. Mungkin dari sini tercipta atlet-atlet potensial. Misalnya hasil dari kategori U-17 ini berpotensi untuk kita persiapkan bagi tim Sumut di PON 2024. Dan ini awal yang baik," harapnya.

Sementara Ketua Panitia Lokal DAO 2020 Medan, Dody Sayendra, mengatakan bahwa even tahun ini diikuti sebanyak 565 peserta dari 80 klub dari seluruh Indonesia, termasuk dari klub-klub Jawa. Selain Sumut dan Jawa, juga ada dari provinsi lainnya seperti Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan lainnya.

Sebagai informasi, DAO 2020 Medan menghelat empat nomor kategori yakni usia dini (U-11), anak-anak (U-13), pemula (U-15) dan remaja (U-17).