Petenis Jangkung Amerika Beberkan Alasan Novak Djokovic Sulit Dihadapi

Selasa, 14 April 2020 15:22 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© James D. Morgan/Getty Images
Petenis Amerika, Reilly Opelka, dengan tinggi 211 cm, punya sabetan forehand kuat serta pukulan servis mencapai 235 km/jam, menyebut keunggulan Novak Djokovic. Copyright: © James D. Morgan/Getty Images
Petenis Amerika, Reilly Opelka, dengan tinggi 211 cm, punya sabetan forehand kuat serta pukulan servis mencapai 235 km/jam, menyebut keunggulan Novak Djokovic.

INDOSPORT.COM - Petenis Amerika, Reilly Opelka, dengan tinggi 211 cm, punya sabetan forehand yang kuat serta pukulan servis mencapai 235 km/jam, menyebut keunggulan yang dimiliki Novak Djokovic.

Walau memilki pukulan tangan kanan yang sama kuat, Opelka memiliki kelemahan karena tubuh jangkungnya. Ini membuat pergerakannya terbatas dibanding Djokovic, yang akhir-akhir ini juga mengubah teknik servisnya guna mengurangi tekanan pada sikunya yang cedera.

“Saya pikir ia (Djokovic) mempunyai servis yang sangat baik dan mampu mematahkan servis lawan lebih dari 30 persen dalam satu waktu, yang tentunya itu luar biasa,” ungkap Reilly Opelka dalam wawancara dengan ATPTour.com.

Opelka juga percaya bahwa permainan baseline Djokovic mendukung pukulan balik bola servisnya dan mengatakan Djokovic mengubah gerakan servisnya demi mengurangi tekanan terhadap cedera di sikunya.

“Yang pasti, ketika anda memberinya servis pukulan bola pertama, hal itu bahkan akan bisa lebih tinggi. Dengan hal seperti itu, ia servis dengan sangat baik dan tidak perlu diragukan lagi. Tetapi sisa permainannya yang membuat ia mustahil untuk ditembus," terangnya. 

Sementara itu, sebagai informasi, saat ini Reilly Opelka menduduki peringkat 50 besar dunia menurut ranking ATP, yakni 39. Di sisi lain, bahkan, menurut Infosys ATP (Asosiasi Pemain Tenis) Scores & Stats, menurut statistik petenis dengan servis terbaik, Opelka membawahi Djokovic.

Player Service Games Won 2019

 1. John Isner              94%

 2. Roger Federer       91%

 3. Reilly Opelka         91%

 4. Rafael Nadal          90%

 5. Novak Djokovic     88%

Mengingat tinggi badannya, juga tidak mengherankan bahwa servis Opelka adalah salah satu senjata andalannya. Dia rata-rata berhasil lebih dari 20 ace per setiap pertandingan.

Di sisi lain, petenis jangkung ini mungkin bisa dibilang mirip atlet basket ketimbang tenis. Fisiknya lebih mirip LeBron James atau Kobe Bryant ketimbang Roger Federer atau Rafael Nadal.

Akan tetapi hal itu, tidak menghentikan Reilly Opelka yang juga penggemar tim basket Chicago Bulls ini menjadi petenis profesional. Ia pernah meraih gelar ATP Tour di Delray Beach Open di Florida Januari silam.

Yang terbaru, petenis berusia 22 tahun ini juga melaju pada awal musim 2020 ke perempatfinal di New York sebelum memenangkan gelar di Delray Beach usai mengalahkan Yoshihito Nishioka.

Penulis: Andre Febriansyah

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%