Mengenal Wong Mew Choo, Istri Setia Lee Chong Wei yang Pernah Disakiti Firdasari

Minggu, 19 April 2020 20:13 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Wong Mew Choo merupakan istri Lee Chong Wei yang setia. Dirinya merupakan mantan tunggal putri, yang pernah disakiti oleh Adriyanti Firdasari.

Para pecinta bulutangkis di Indonesia maupun dunia, tentu tidak asing lagi dengan nama Lee Chong Wei. Kehebatannya, membuat ia menjadi salah satu tunggal putra terbaik sepanjang sejarah olahraga tepok bulu.

Hal itu dibuktikan dengan sederet rekor yang pernah dipecahkannya, serta koleksi 69 gelar bergengsi yang diraih pada medio 2000 hingga 2019, serta jadi satu-satunya pebulutangkis Malaysia yang pernah bertengger di ranking satu dunia lebih dari satu tahun.

Tak heran jika pria kelahiran 21 Oktober 1982 ini kerap disandingkan dengan beberapa tunggal putra hebat lain, seperti Lin Dan (China) yang tak lain adalah rival abadinya.

Kehebatan Lee Chong Wei tak lain terletak pada konsistensinya dan kekuatan fisik, yang membuatnya mampu bermain hingga usia 37 tahun, sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada Juni 2019 lalu.

Lee Chong Wei gantung raket atas saran dokter setelah berjuang melawan kanker hidung, yang dideritanya sejak tahun 2018 lalu.

Mengenal Wong Mew Choo

Hampir satu tahun setelah  menyatakan pensiun, aktivitas Lee Chong Wei banyak dihabiskan dengan melakukan aksi sosial bersama yayasan miliknya.

Selain itu, ia juga banyak meluangkan waktu untuk sang buah hati serta istri tercintanya, Wong Mew Choo. Keduanya menikah Kedua sudah menjalani bahtera rumah tangga selama delapan tahun atau sejak 2012 lalu. 

Wong Mew Choo yang dinikahi Lee Chong Wei, merupakan mantan pebulutangkis tunggal putri Malaysia. Dirinya lahir di Ipoh, Perak, Malaysia pada 01 Mei 1983. 

Wanita yang kini berusia 37 tahun itu, memulai karier profesionalnya pada tahun 2000. Perlahan tapi pasti, kemampuannya meningkat hingga mampu menyabet medali emas di SEA Games 2003 di Vietnam. 

Namun prestasi itu gagal diulang, saat kembali tampil dua tahun berselang di SEA Games 2005 Filipina. Sebab, pada sektor tunggal putri medali emas berhasil direbut oleh wakil Indonesia, Adriyanti Firdasari

Keberhasilan tersebut cukup mengejutkan publik bulutangkis Tanah Air, karena Firdasari mampu mengalahkan favorit juara, Wong Mew Choo dengan skor 11-18 dan 11-17 di partai final.

Kendati demikian, nama Wong Mew Choo tetap melambung. Ia kerap dipanggil masuk memperkuat Timnas Bulutangkis Malaysia untuk Sudirman Cup. Ibu dari dua anak ini juga pernah meraih gelar China Open 2007, dan BWF Super Series Finals 2009. 

Kerap Mendampingi Saat Bertanding

Wong Mew Choo memutuskan pensiun pada tahun 2012, seiring dengan perubahan statusnya yang sudah menjadi istri. Ia pun lebih banyak menghabiskan waktunya bersama dua buah hatinya, Lee Kingston dan Terrance Lee.

Dan juga menjadi pelatih bulutangkis di sekolah olahraga di Bukit Jalil, Malaysia. Selain itu, ia juga kerap mendampingi sang suami, Lee Chong Wei bertanding.

Yang paling diingat tentu saat China Badminton Super League 2013/14 di Dongguan, China. Saat itu Wong Mew Choo meninggalkan Lee Kingston yang masih berusia 5 bulan untuk menyaksikan Lee Chong Wei bertanding melawan Lin Dan. 

Sayangnya, Lin Dan batal bertanding dan digantikan oleh Wu Xin. Usai pertandingan, Lee Chong Wei menghampiri istrinya yang mendukung dari bangku penonton.

3