Pebulutangkis Indonesia yang Pernah Bawa Pulang Emas Olimpiade

Kamis, 7 Mei 2020 07:14 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© Lars Baron/Getty Images
Pebulutangkis Indonesia yang Pernah Bawa Pulang Medali Emas Olimpiade Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Pebulutangkis Indonesia yang Pernah Bawa Pulang Medali Emas Olimpiade

INDOSPORT.COM - Berikut para atlet badminton asal Indonesia yang pernah membawa pulang medali emas dalam ajang olimpiade. Siapa sajakah mereka?

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa badminton merupakan salah satu olahraga terfavorit serta paling diunggulkan oleh Indonesia ketika tampil dalam berbagai event internasional.

Tidak heran jika banyak para atlet badminton Indonesia yang kerap naik podium juara pada sejumlah turnamen dunia, dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Termasuk pada kejuaraan multi event terbesar empat tahunan sekelas Olimpiade, kontingen Indonesia tercatat selalu rutin menggondol pulang medali juara ke Tanah Air dari cabang badminton.

Melansir laman resmi Olimpiade, secara keseluruhan kontingen Indonesia dari cabor badminton telah mengumpulkan 19 medali juara sejak 1992, sekaligus menempati peringkat kedua negara terbanyak peraih medali di bawah China.

China sendiri memang sangat adidaya dalam pesta olahraga multi event terbesar di dunia ini, total hingga olimpiade 2016 berhasil mengumpulkan 41 medali juara hanya dari ajang badminton.

Meski kalah jauh dari China, namun raihan kontingen Indonesia yang mampu menempati peringkat kedua perolehan total medali di ajang badminton tetap layak mendapat apresiasi.

Lantas siapa sajakah para wakil Indonesia cabor badminton yang berhasil menyumbang medali emas sepanjang gelaran olimpiade tersebut? Berikut INDOSPORT.com merangkumnya.

Indonesia sendiri pertama kali meraih medali emas badminton dalam ajang olimpiade terjadi pada tahun 1972, melalui nomor ganda putra serta tunggal putra.

Pada kategori tunggal putra, medali emas badminton pertama Indonesia pada olimpiade disumbangkan Rudy Hartono usai mengalahkan tunggal putra Denmark, Svend Pri dalam partai final.

Sementara kategori ganda putra, medali emas badminton Indonesia disumbangkan Ade Chandra/Christian Hadinata yang berhasil mengalahkan Ng Boon Bee/Punch Gunalan asal Malaysia. Namun cabor badminton di tahun itu, belum masuk agenda resmi Olimpiade melainkan hanya dimainkan dalam status demonstration sports.

Badminton sendiri sempat tidak ambil bagian dalam beberapa gelaran olimpiade pasca edisi 1972 silam, namun akhirnya kembali menjadi cabor olimpiade pada tahun 1992 hingga sekarang.

Menariknya, sejak tahun 1992 hingga 2008, kontingen Indonesia hampir selalu mendapatkan minimal satu emas dari berbagai nomor. 

Meski sempat terhenti di tahun 2012, namun pada olimpiade 2016 pasangan ganda campuran Liliyana Natsir & Tontowi Ahmad kembali mengharumkan Merah-Putih di podium juara.

Dimulai dari Susy Susanti yang meraih medali emas dari nomor tunggal putri, serta Alan Budikusuma di nomor tunggal putra tahun 1992. Diikuti oleh ganda putra Rexy Mainaky dan Ricky Subagja di olimpiade 1996.

Ganda putra kembali mengharumkan Indonesia usai meraih emas pada olimpiade 2000, melalui Tony Gunawan/Candra Wijaya. Keduanya meraih juara setelah mengalahkan ganda putra Korea Selatan,  Lee Dong-soo/Yoo Yong-sung.

Setelah lama absen, akhirnya tunggal putra kembali menyumbang medali emas melalui Taufik Hidayat pada olimpiade 2004. Sedangkan dua medali emas terakhir disumbangan ganda putra Hendra Setiawan & Markis Kido, serta ganda campuran Liliyana Natsir & Tontowi Ahmad

Tabel perolehan medali emas kontingen Indonesia di cabor badminton ajang Olimpiade:

No Tahun Atlet Ket
1 1972 Rudy Hartono Tungal Putra
2 1972 Ade Chandra & Christian Hadinata Ganda Putra
3 1992 Susi Susanti Tunggal Putri
4 1992 Alan Budikusuma Tunggal Putra
5 1996 Rexy Mainaky & Ricky Subagja Ganda Putra
6 2000 Tony Gunawan & Candra Wijaya Ganda Putra
7 2004 Taufik Hidayat Tunggal Putra
8 2008 Hendra Setiawan & Markis Kido Ganda Putra
9 2016 Liliyana Natsir & Tontowi Ahmad Ganda Campuran