Menilik Rekor Pertemuan Duet Pebulutangkis Hijab Mesir Lawan Indonesia

Sabtu, 6 Juni 2020 19:39 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Menilik rekor pertemuan duet pebulutangkis ganda putri Mesir Nadine Ashraf/Menna El-Tanany ketika melawan Indonesia. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Menilik rekor pertemuan duet pebulutangkis ganda putri Mesir Nadine Ashraf/Menna El-Tanany ketika melawan Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya menilik rekor pertemuan duet pebulutangkis ganda putri Mesir Nadine Ashraf/Menna El-Tanany ketika melawan Indonesia.

Nadine merupakan perempuan kelahiran 1 April 1993 silam. Sedangkan Menna El-Tanany adalah seorang wanita yang lahir 19 September 1990 di Kairo.

Nadine/Menna dipasangkan sejak 2015 silam. Prestasi tertinggi keduanya ialah ketika memenangi gelar Zambia International 2015 silam.

Kala itu Nadine/Menna sukses mengalahkan ganda putri asal Iran Negin Amiripour/Sorayya Aghaei. Belum ada pencapaian apik lagi saat ini oleh Nadine/Menna.

Keduanya sempat tiga kali menjadi runner up di ajang Africa Team Championships 2016, Egypt International 2015-16, dan Ethiopia International 2015.

Selain kerap tampil bersamaan, tetapi Nadine dan Menna pernah juga turun di nomor tunggal dan ganda campuran dalam membela Mesir pada beberapa ajang.

Peringkat tertinggi Nadine Ashraf/Menna El-Tanany adalah tembus ke posisi 42 dunia per 13 Oktober 2016. Capaian tersebut tampaknya perlu diapresiasi.

Bahkan ketika lima tahun silam, Nadine Ashraf/Menna El-Tanany sempat tampil di kompetisi BWF World Championships di Indonesia.

Penampilan Nadine/Menna membuat publik Indonesia terkagum-kagum, karena Nadine/Menna bermain dengan mengenakan hijab, celana panjang serta kaus lengan panjang.

Gaya Nadine/Menna sungguh sangat berbeda dari peserta lain kala itu. Namun keduanya menandakan seorang muslimah yang taat pada ajaran agama.

"Kami sama sekali tak terganggu dengan hijab, karena sudah bisa kami kenakan. Sebab kami mengenakan hijab sejak masih usia dini," kata Nadine saat itu.

Kendati begitu performa Nadine/Menna kala mentas di Indonesia kurang memuaskan pasca kalah dari Heather Oliver/Lauren Smith (Inggris) dengan cukup telak, 5-21 dan 1-21.

Nadine/Menna juga menambahkan kalau tampil di Indonesia sempat membuat mereka takut karena tak terbiasa bermain di stadion dengan atmosfer yang besar.