'Serangan' Pedas dari Wakilnya Buat Federasi India Kecewa Berat

Minggu, 28 Juni 2020 16:14 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Asosiasi Bulutangkis India (BAI) menyatakan kekecewaan mereka terhadap 'serangan' berupa kritik pedas dari Prannoy HS. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Asosiasi Bulutangkis India (BAI) menyatakan kekecewaan mereka terhadap 'serangan' berupa kritik pedas dari Prannoy HS.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Bulutangkis India (BAI) menyatakan kekecewaan mereka terhadap 'serangan' berupa kritik pedas dari Prannoy HS karena namanya tidak direkomendasikan di Arjuna Awards.

Arjuna Awards merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada insan olahraga di India oleh Kementerian Pemuda dan Olahraganya.

Pada Selasa (02/06/20) lalu, BAI telah memilih atlet bulutangkis yang akan diajukan untuk masuk di nominasi Arjuna Award. Dimana BAI mengajukan pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari ganda putra dan Sameer Verma dari tunggal putra.

Keputusan BAI itu pun lantas mendapat sorotan tajam dari Prannoy HS yang menyebut dengan membuat cuitan di akun Twitternya.

"Kisah lama yang sama. Orang yang memiliki medali di CWG dan Kejuaraan Asia bahkan tidak direkomendasikan oleh  Asosiasi. Dan pria yang tidak ada di salah satu acara besar ini malah direkomendasikan," cuit Prannoy HS yang tak lama kemudian dihapus olehnya.

Selanjutnya, pemain  yang menjadi bagian dari Timnas Bulutangkis India yang memenangkan medali emas di Commonwealth Games 2018 dan memenangkan medali perunggu di Kejuaraan Asia yang diselenggarakan di Wuhan pada tahun 2018 juga berbicara kepada situs olahraga Sportstar.

Dimana wakil India menyebut kalau dirinya memiliki kredensial yang lebih baik sebagai pemain daripada pemenang penghargaan Arjuna di bulutangkis dalam dua tahun terakhir.

“BAI tidak pernah benar-benar peduli. Tahun lalu, mereka pernah memasukkan nama saya,tetapi kemudian dihilangkan di babak terakhir dan mereka mengatakan kinerja saya menjelang akhir tahun itu tidak begitu baik," bebernya.

"Tapi tahun ini namaku bahkan tidak direkomendasikan oleh federasi. Jika Anda melihat kinerja saya dalam dua tahun terakhir, saya memiliki kredensial yang lebih baik daripada nama-nama yang direkomendasikan oleh federasi untuk penghargaan tersebut. Ini benar-benar membuat frustrasi dan mengecewakan,'' pungkasnya.

Namun setelah serangan pedasnya tersebut, Prannoy HS akhirnya meminta maaf kepada seluruh pihak atas pernyataannya yang mungkin telah menyakiti banyak orang.

Dilansir dari situs olahraga thehindu.com, Sekretaris Jenderal BAI Ajay Singhania mengatakan BAI telah menerima surat dari Prannoy sementara presiden Himanta Biswa Sarma mengatakan permintaan maaf itu telah diterima.

“Sangat disayangkan menyaksikan sesuatu seperti ini. Ke depan, kami berharap para pemain menjangkau federasi jika mereka memiliki kekhawatiran," ujar seorang pejabat BAI.

Setetlah komentar pedas Prannoy HS, Kepala pelatih BAI, Pullela Gophicand lantas merekomendasikan namanya untuk masuk ke dalam nominasi Arjuna Awards.