Pensiun, Pebulutangkis Hong Kong Sebut Tontowi/Liliyana Pasangan Killer

Selasa, 30 Juni 2020 17:38 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jefta Images / Barcroft Media via Getty Images / Barcroft Media via Getty Images
Pemain bulutangkis Indonesia Liliyana Natsir (kiri) dan Tontowi Ahmad (kanan). Copyright: © Jefta Images / Barcroft Media via Getty Images / Barcroft Media via Getty Images
Pemain bulutangkis Indonesia Liliyana Natsir (kiri) dan Tontowi Ahmad (kanan).

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Hong Kong, Cathy Chau Hoi Wah memutuskan untuk gantung raket alias pensiun setelah berkarier di dunia bulutangkis selama 15 tahun.

Pebulutangkis spesialis ganda campuran ini diketahui memutuskan pensiun pada 5 Juni 2020 lalu, dan mengaku ada pergolakan batin dalam dirinya sebelum akhirnya mantap untuk gantung raket.

Atlet yang akrab disapa Cathy ini berpasangan dengan Lee Chun Hei sejak tahun 2013, dan sukses menggondol sejumlah prestasi seperti menjadi ganda campuran pertama Hong Kong yang memenangkan turnamen di Kejuaraan Bulutangkis Asia, dan superseries.

Ia juga memenangkan medali perunggu di kejuaraan Dunia 2017 yang berlangsung di Glasglow. Sebelumnya, Cathy Chau Hoi Wah sempat bermitra dengan Yohan Hadikusumo Wiratama dan Wong Wai Hong.

Cathy turut menyebut pasangan emas ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir merupakan lawan terberat sepanjang kariernya menjadi atlet bulutangkis.

Ia pun mengenang momen saat melawan pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu, serta turut memuji bagaimana kehebatan keduanya saat tampil di atas lapangan.

“Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi lawan terberat kami. Kami berkali-kali melawan mereka, tapi akhirnya selalu kalah. Mereka seperti pasangan killer (pembunuh) dalam karier kami. Saya senang bagaimana mereka bekerja keras dan terus berkembang,” ujar Cathy Chau Hoi Wah.

“Mereka sangat pintar, Tontowi begitu terampil dalam menyerang dan menempatkan bola, sementara Liliyana Natsir pandai mengatur serangan. Namun saya tetap merasa senang meski kesulitan saat bertanding melawan mereka,” tambahnya, dilansir dari laman resmi BWF.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir diketahui sukses menumbangkan Cathy Chau Hoi Wah/Lee Chun Hei di Asian Championships 2015 dan BWF World Championship 2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%