6 Pebulutangkis Dunia yang Pensiun Pada Tahun 2020

Kamis, 9 Juli 2020 15:34 WIB
Editor: Coro Mountana
© Shi Tang/Getty Images
6 Pebulutangkis Dunia yang Pensiun Pada Tahun 2020 Copyright: © Shi Tang/Getty Images
6 Pebulutangkis Dunia yang Pensiun Pada Tahun 2020

INDOSPORT.COM – Sepanjang tahun 2020 ini, tak disangka sudah ada 6 pebulutangkis dunia yang memutuskan untuk pensiun.

Tahun 2020 baru melewati setengah periodenya, tapi dunia bulutangkis sudah harus kehilangan banyak atlet terbaiknya. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 6 atlet bulutangkis dunia memutuskan untuk gantung raket alias pensiun.

Dampak dari virus corona yang menunda sejumlah turnamen bulutangkis dunia sedikit banyak menjadi salah satu penyebab mengapa mereka pensiun. Selain tentu dengan pertimbangan perlu ada regenerasi di dunia bulutangkis.

Sehingga bagi pebulutangkis yang merasa sudah cukup untuk kariernya, akhirnya memutuskan untuk pensiun. Menariknya, nama-nama yang pensiun itu adalah sosok yang sudah tak asing lagi berkat pencapaiannya di bulutangkis, seperti Lin Dan dan Tontowi Ahmad.

Lantas siapa saja pebulutangkis yang memutuskan untuk pensiun pada tahun 2020?

Mathias Boe

Deretan pebulutangkis dunia yang pensiun pada 2020 dimulai oleh Mathias Boe, legenda Denmark itu memutuskan gantung raket pada Kamis (23/04/20). Sempat mengurungkan niat pensiunnya karena ingin menjadikan turnamen Olimpiade sebagai ajang perpisahannya, tapi itu berubah gara-gara corona.

"Sepanjang karier saya, saya menuntut diri saya bahwa saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk menjadi pemain bulu tangkis terbaik yang saya bisa. Tapi saya belum bisa melakukan itu belakangan ini. Itulah mengapa sekarang saatnya untuk berhenti," pungkasnya seperti dikutip dari BWF.

Mathias Boe adalah seorang legenda bulutangkis Denmark dengan sempat mengalahkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat berpasangan dengan Carsten Mogensen. Bahkan Mathias Boe sempat merasakan status sebagai ganda putra nomor 1 dunia bersama Carsten Mogensen.

Tontowi Ahmad

Tak berselang lama, pada Senin (18/05/20), giliran dunia bulutangkis Indonesia yang dikejutkan dengan keputusan Tontowi Ahmad yang ingin pensiun. Tak disangka, ajang Indonesia Masters 2020 saat berpasangan dengan Apriyani Rahayu menjadi ajang perpisahannya.

© Jefta Images / Barcroft Media via Getty Images / Barcroft Media via Getty Images
Pemain bulutangkis Indonesia Liliyana Natsir (kiri) dan Tantowi Ahmad (kanan) berpose dengan medali mereka setelah tiba di Bandara Sukarno Hatta Tangerang, Indonesia. Copyright: Jefta Images / Barcroft Media via Getty Images / Barcroft Media via Getty ImagesPemain bulutangkis Indonesia Liliyana Natsir (kiri) dan Tantowi Ahmad (kanan) berpose dengan medali mereka setelah tiba di Bandara Sukarno Hatta Tangerang, Indonesia.

“Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupkan menjadi lebih berwarna,” ujar Tontowi.

Pencapaian terbaik Tontowi Ahmad sendiri dirasakannya saat berpasangan dengan Liliyana Natsir saat meraih medali emas Olimpiade 2016 dan 2 kali juara dunia. Pada akhirnya Tontowi Ahmad mengikuti jejak Liliyana Natsir untuk gantung raket.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%