5 Pebulutangkis Terkaya di Dunia, Ada dari Indonesia?

Minggu, 12 Juli 2020 06:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Zhong Zhi/Getty Images
Dua pebulutangkis top dunia, Anthony Sinisuka Ginting dan Kento Momota di podium World Tour Finals 2019 Copyright: © Zhong Zhi/Getty Images
Dua pebulutangkis top dunia, Anthony Sinisuka Ginting dan Kento Momota di podium World Tour Finals 2019

INDOSPORT.COM – Memiliki karier mentereng di bidang olahraga, khususnya bulutangkis, lima atlet berikut ini yang dianggap punya kekayaan yang cukup banyak bahkan jadi yang terkaya di dunia. Adakah di antaranya dari Indonesia?

Bulutangkis pada kenyatannya bukanlah olahraga biasa. Meski dianggap sebagai olahraga santai yang bisa dimainkan oleh semua kalangan, namun olahraga ini sebenarnya sangat kompetitif.

Setiap atletnya punya daya juang tinggi untuk memenangkan turnamen demi turnamen yang diklaim memiliki hadiah uang yang tak sedikit. Seperti halnya tenis, bulutangkis juga  butuh banyak keterampilan dalam mengontrol bola menggunakan raket.

Nah, sampai sekarang tidak ada yang menyadari bahwa popularitas bulutangkis tengah menanjak. Berikut ini, daftar lima pemain bulutangkis terkaya saat ini, apakah salah satunya dari Indonesia?

5. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei pernah dianggap sebagai salah satu pemain bulutangkis terbaik di dunia. Mantan atlet asal Malaysia ini pernah mencatat kekayaan bersih sekitar 75 juta dolar atau Rp1,07 triliun pada 2018 lalu. Pada 2012, Chong Wei dinyatakan atlet Asia dengan bayaran tertinggi di dunia serta ikut dalam Olimpiade 2008 juga.

Lee Chong Wei merupakan pemenang tiga medali perak Olimpiade, kiprahnya ini membuat dia jadi pahlawan nasional untuk negaranya. Sebagian besar pendapatannya datang dari iklan sponsor. Lee memutuskan pensiun usai pulih dari penyakit kanker hidung yang dideritanya.

4. Lin Dan

Lin Dan yang belum lama ini memutuskan pensiun mencatat kekayaan bersih sekitar 37,5 juta dolar atau Rp538 miliar. Pebulutangkis asal China ini merupakan pemenang medali emas Olimpiade dua kali dan juara dunia bulutangkis lima kali.

Lin Dan dipuji sebagai legenda bulutangkis terbesar di dunia setelah Chong Wei pensiun. Tercatat dia telah memenangkan semua sembilan gelar bulutangkis utama di dunia.

Lin Dan juga membuat sejarah dengan jadi pemain tunggal putra pertama yang mempertahankan medali emasnya pada 2012, di mana sebelumnya dia memenangkan medali di Olimpiade 2008.

3. Wang Yihan

Wang Yihan sendiri merupakan pensiunan bulutangkis China yang mencatat kekayaan sekitar 7 juta dolar atau Rp100 miliar pada 2019. Yihan pernah memenangkan medali perak di Olimpiade London 2012.

Wang Yihan juga pernah jadi juara BWF pada 2011, namun puncak kariernya terjadi di tahun 2006 saat menjuarai kompetisi kejuaraan dunia. Kemenangannya ini membuatnya jadi superstar bulutangkis dalam semalam. Yihan mencatat 368 kemenangan dan hanya 91 kali kalah sepanjang kariernya.

IDS Emoticon Suka
Suka
16%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
6%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
8%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
34%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
2%
IDS Emoticon Takut
Takut
2%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
2%
IDS Emoticon Marah
Marah
30%