Cerita Tommy Sugiarto Sukses Taklukan Wakil Israel Misha Zilberman

Rabu, 15 Juli 2020 22:06 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Berikut ini merupakan cerita kiprah pebulutangkis Indonesia Tommy Sugiarto yang sukses taklukan wakil Israel Misha Zilberman. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Berikut ini merupakan cerita kiprah pebulutangkis Indonesia Tommy Sugiarto yang sukses taklukan wakil Israel Misha Zilberman.

INDOSPORT.COM - Berikut ini merupakan cerita kiprah pebulutangkis Indonesia Tommy Sugiarto yang sukses taklukan wakil Israel Misha Zilberman.

Indonesia dan Israel diketahui tak memiliki hubungan diplomatik apapun. Hal ini dilakukan Bumi Pertiwi atas solidaritas untuk Palestina.

Ternyata selain persoalan politik, kedua negara ini juga tak ada urusan dalam bidang olahraga. Mulai dari sepak bola, basket, hingga bulutangkis.

Seperti yang dialami oleh tunggal putra Israel Misha Zilberman. Pemain 31 tahun itu pernah mengalami ditolak kala ingin mentas di Indonesia.

Tepatnya pada 2015 silam, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF. Seluruh atlet tepok bulu pun ikut berpartisipasi.

Termasuk Misha Zilberman yang sulit mendapatkan visa untuk izin ke Indonesia sebagai atlet. Dirinya pun sempat menunggu dua pekan di Singapura.

Beruntung Zilberman bisa tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF. Akan tetapi dirinya takluk di putaran pertama dari wakil Chinese Taipei Hsu Jen Hao (14-21, 14-21).

"Saya tidak bisa bermain di beberapa negara seperti Malaysia dan Indonesia. Mereka memblokir saya," cerita Zilberman seperti dikutip SportStar.

"Pada 2015, Indonesia tidak memberikan saya visa dan berlaku hingga sekarang. Saya pikir olahraga harus dijauhi dari politik," sambungnya.

Baginya, sejauh ini, selalu saja ada masalah wakil Israel dilarang tanding di negara tertentu. Namun hal tersebut tak menyurutkan kiprah Zilberman.

"Saya sudah berbicara dengan BWF, mereka berusaha membantu saya tapi hasilnya tidak mudah," heran pria kelahiran 30 Januari 1989.

Sejauh ini Misha Zilberman sudah membuat 247 kemenangan dan 210 kekalahan serta posisi tertingginya oleh BWF adalah ranking 39 (9 Juli 2019).

Sederet gelar juara macam Suriname International, Lagos International, Ethiopia International, Brasil International, sampai Maccabiah Games pernah diraihnya.

Meski begitu, ternyata ada sebuah hal menarik yang bisa diketahui bersama oleh para penggemar dunia bulutangkis Indonesia akan karier Misha Zilberman.

Sebab Zilberman ternyata pernah melawan wakil Indonesia di sejumlah ajang, salah satunya ialah tunggal putra Tommy Sugiarto. Perjumpaan keduanya tak di Tanah Air.