Hadiah AS Terbuka Dipangkas, Petenis Putaran 1 Tetap Dapat Uang Banyak

Kamis, 6 Agustus 2020 17:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Clive Brunskill/Getty Images
Rafael Nadal saat mengenakan jam tangan mahal di AS Terbuka 2019. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Rafael Nadal saat mengenakan jam tangan mahal di AS Terbuka 2019.

INDOSPORT.COM – Total hadiah turnamen tenis AS Terbuka 2020 dipotong namun petenis putaran 1 justru mengantongi lebih banyak uang dari turnamen yang digelar di pusat kota New York, Amerika Serikat.

Dilansir dari Essentially Sports, tahun ini pihak penyelenggara AS Terbuka memberikan total hadiah senilai 53,4 juta dolar kepada seluruh pemain. Angka ini kira-kira hanya 95 persen dari total hadiah uang yang diberikan di edisi sebelumnya.

Sementara untuk hadiah utama pada edisi 2020 ini sebesar 3  juta dolar, lebih sedikit dari tahun lalu yang berkisar 3,85 juta dolar.

Setidaknya, lima persen dari pemangkasan hadiah turnamen ini, yakni sebesar 7,6 juta dolar rencananya akan didonasikan ke Player’s Relief yang telah diformulasikan karena pandemi virus Corona.

“Pembagian hadiah uang untuk US Open 2020 adalah hasil kolaborasi erat antara USTA, WTA dan ATP, serta mewakili komitmen untuk mendukung pemain dan kesejahteraan finansial mereka selama situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata CEO USTA Mike Dowse dalam sebuah pernyataan tertulis.

Secara lebih rinci, pemenang nomor tunggal akan menerima 3 juta dolar atau Rp43,6 miliar, turun dari 3,85 juta dolar (Rp55,9 miliar) pada 2019. Sementara runner-up menerima 1,5 juta dolar (Rp21,8 miliar) dari 1,9 juta dolar (Rp27,6 miliar). semi finalis dan perempat finalis juga akan menerima pemangkasan hadiah.

Meskipun mengalami pemangkasan, hadiah uang di putaran pertama justru melonjak lima persen menjadi 61 ribu dolar AS atau Rp887 juta dari sebelumnya R58 ribu dolar atau Rp843 juta.

Di samping melakukan pemangkasan hadiah, pihak USTA juga akan memberikan kompensasi sebesar 6,6 juta dolar untuk hibah bantuan. Awal tahun ini, mereka menyumbangkan 1 juta dolar ke dana bantuan pemain internasional.

Dengan digelarnya turnamen di tengah pandemi virus corona yang belum mereda di Amerika Serikat, sejumlah turnamen papan atas sudah memastikan tak akan ambil bagian.

Juara AS Terbuka tahun lalu, Rafael Nadal, memutuskan mundur menyusul petenis Australia, Nick Kyrgios. Selain itu petenis nomor 1 dunia, Ashleigh Barty, juga absen disusul Simona Halep dan Naomi Osaka.

Gelaran AS Terbuka 2020 rencananya akan berlangsung pada 31 Agustus hingga 13 September di USTA Billie Jean King National Center, New York.