Sir George Thomas, Pebulutangkis Hebat Pencetus Ide Piala Thomas

Kamis, 13 Agustus 2020 19:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© chesshistory.com
Kejuaraan bulutangkis dunia beregu putra bertajuk Piala Thomas tidak akan ada tanpa kehadiran legenda Inggris, Sir George Thomas. Copyright: © chesshistory.com
Kejuaraan bulutangkis dunia beregu putra bertajuk Piala Thomas tidak akan ada tanpa kehadiran legenda Inggris, Sir George Thomas.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan bulutangkis dunia beregu putra bertajuk Piala Thomas tidak akan ada tanpa kehadiran legenda Inggris, Sir George Thomas. Siapakah George Thomas ini?

Meski pandemi virus corona masih membayangi dunia bulutangkis, pihak Asosiasi Bulutangkis Dunia (BWF) tetap berencana menggelar turnamen beregu Piala Thomas dan Uber 2020.

Sebanyak masing-masing 16 tim Piala Thomas dan Uber akan bertanding memperebutkan lambang supremasi bulutangkis beregu putra dan beregu putri paling bergengsi ini.

Putaran final Piala Thomas dan Uber rencananya akan dihelat di Aarhus, Denmark, 3-11 Oktober mendatang. Kejuaraan bulutangkis ini akan berlangsung di Ceres Arena.

Baru-baru ini pihak BWF juga sudah merilis hasil undian Piala Thomas dan Uber 2020 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (03/08/20), di mana tim putra Indonesia menempati Grup A dan tim putri berada di Grup B.

Tim Thomas Indonesia yang menjadi unggulan satu berada satu grup bersama Malaysia, Belanda, dan Inggris. Sedangkan tim Uber Indonesia yang ada di posisi kelima daftar unggulan, menempati grup B bersama Korea Selatan, Malaysia dan Australia, demikian keterangan resmi BWF.

Nah, sambil menunggu waktu kurang lebih dua bulan sebelum turnamen Piala Thomas dan Piala Uber ini dimulai, ada baiknya kita mengenal sosok pencetus Piala Thomas, yakni Sir George Thomas.

Sir George Thomas sendiri bukanlah nama yang asing dalam sejarah bulutangkis. Di luar jasanya menggelar turnamen, dia memiliki karier bermain bulutangkis yang sangat mentereng.

Karier Sir George Thomas

Nama lengkapnya Sir George Thomas, Bart, merupakan mantan atlet kenamaan Inggris yang menguasai tiga bidang olahraga, yakni bulutangkis, tenis dan catur. Namun bulutangkis-lah cabang yang melambungkan namanya di kancah dunia.

Sir George Thomas adalah atlet kelahiran 1881 yang meninggal tanggal 23 Juli 1972. Dia dikenal sebagai pemain yang memenangi puluhan pertandingan sepanjang karernya, termasuk 21 kali juara All England yang disebut sebagai kejuaraan dunia tidak resmi.

Di luar dunia bulutangkis, Sir George Thomas juga merupakan dua kali pemenang Kejuaraan Catur Inggris. Dia juga pernah mencapai perempatfinal tunggal putra dan semifinal ganda putra tenis di Wimbledon 1911.

Pada tahun 1934, Sir George Thomas menjadi salah satu pendiri Federasi Bulutangkis Internasional (yang sekarang dikenal sebagai Federasi Bulutangkis Dunia, BWF), di mana dia juga sempat menjabat sebagai presiden dari tahun 1934 hingga 1955.