Ditanya Lagi Soal Rencana Pensiun, Roger Federer Beri Respons Berkelas

Selasa, 25 Agustus 2020 18:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020. Copyright: © Fred Lee/Getty Images
Roger Federer di laga tenis Australia Terbuka 2020.

INDOSPORT.COM – Menginjak usia 39 tahun, akhir perjalanan karier petenis Roger Federer di dunia tenis semakin menjadi topik utama. Lantas bagaimana respon Federer saat ditanyai rencana pensiun?

Roger Federer saat ini sedang menjalani masa pemulihan pasca-operasi lutut untuk kedua kalinya pada Juni lalu. Situasinya ini membuat pemegang 20 gelar Grand Slam tersebut absen hingga 2021.

Pemegang gelar juara Grand Slam 21 kali itu berharap bisa pulih 100 persen pada 2021 sehingga dia bisa tampil di Wimbledon dan Olimpiade Tokyo.

Meski begitu, banyak pihak yang menebak-nebak bahwa kondisi fisik Federer saat ini menjadi sinyal bahwa dia sudah memasuki babak akhir perjalanan kariernya yang cukup metereng itu.

Akan tetapi, Federer dalam suatu kesempatan menanggapi rumor pensiun itu dengan enteng. Dia menyebut tenis masih menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dia lakukan.

“Saya banyak ditanya soal pensiun dansaya tahu saya tidak bisa bermain tenis selamanya tapi inilah hal special yang bisa dilakukan di dalam hidup,” kata Federer dilansir dari Essentially Sport.

“Ini semacam waktu yang indah saat ini di dalam karier saya,” lanjutnya.

Sampai saat ini, Federer masih memegang rekor sebagai petenis tunggal putra dengan raihan titel Grand Slam terbanyak sejumlah 20 trofi. Lebih banyak 1 trofi dibandingkan raihan milik Rafael Nadal.

Meskipun memiliki nama besar, Federer tercatat hanya sekali mengantarkan emas untuk Swiss. Momen emas itu terjadi pada tahun 2008 di Olimpiade Beijing.

Sedangkan pada Olimpiade London tahun 2012, dirinya harus puas berada di urutan kedua dengan medali perak usai dikalahkan oleh Andy Murray di laga final.